oleh

PRAJURIT SATLINLAMIL 2 LATIHAN PERTAHANAN PANGKALAN ANTISIPASI ANCAMAN TEROR DAN SABOTASE

-Mitra tni-82 views

 

Jakarta – Koranprogresif.co.id, 9 Oktober 2021 – Satya Wira Jala Dharma. Mengantisipasi ancaman teror dan sabotase yang dapat mengganggu keamanan, khususnya di wilayah Surabaya, Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 2 Surabaya menggelar latihan pertahanan pangkalan di Mako Satlinlamil 2 Surabaya, Jumat (8/10).

Latihan pertahanan pangkalan merupakan bagian dari latihan operasi matra laut (Latopsmatla) program kerja dan anggaran triwulan IV staf operasi Satlinlamil 2 Surabaya. Latihan yang diikuti 100 prajurit ini dipimpin langsung Komandan Satlinlamil 2 Surabaya Kolonel Laut (P) Muhammad Nizarudin.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan personel dalam menghadapi ancaman, teror dan gangguan dari berbagai aspek yang membutuhkan kesiapan dari prajurit Satlinlamil 2 Surabaya.

“Latihan pertahanan pangkalan merupakan tugas pokok setiap prajurit TNI yang harus dipahami setiap prajurit, karena merupakan tugas dan tanggung jawab untuk mengamankan wilayah dari gangguan, ancaman dari darat laut dan udara serta pengamanan asset negara yang ada disekitar lingkungan kedinasan maupun yang terjadi di wilayah satuan tugas” ujar Dansatlinlamil 2 Surabaya.

Latihan yang dilaksanakan selain pertahanan pangkalan, juga dilakukan latihan lain diantaranya, peran penanggulangan sabotase, latihan penindakan huru hara dan latihan peran kebakaran. Untuk latihan penanggulangan huru hara dilaksanakan satu peleton pasukan huru hara serta latihan peran kebakaran dengan 20 personel.

“Selain itu latihan-latihan ini juga sebagai langkah anstisipasi penyelamatan obyek vital yang akan dapat mengancam pertahanan pangkalan TNI Angkatan Laut khususnya di Mako Satlinlamil 2 Surabaya,” ujarnya.

Latihan ini juga sebagai perwujudan tercapainya pembinaan personel secara terus menerus untuk mewujudkan kesiapan prajurit dalam mendukung tugas sesuai fungsi azasinya.

“Buktikan kemampuan kalian dengan terus berlatih dan berlatih, dinamika dalam penugasan harus memiliki warna yang akan membawa keberhasilan Satlinlamil 2 khususnya dan Kolinlamil pada umumnya” tegas Kolonel Laut (P) Muhammad Nizarudin.

(Red)

News Feed