oleh

Prajurit dan PNS Kodiklatal Ikuti Pelatihan Cara Merawat Jenazah

-Mitra tni-71 views

 

Surabaya – koranprogresif.co.id –
Merawat jenazah merupakan fardhu kifayah bagi umat muslim, guna menambah pengetahuan dalam merawat jenazah tersebut, ratusan prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) mengikuti pelatihan cara merawat jenazah yang dilaksanakan di Masjid Ibadurohman Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Pelatihan perawatan jenazah yang dilaksanakan setelah pelaksanaan apel pagi tersebut merupakan rangkaian Kauseri Agama Islam yang diselenggarakan oleh Subdisbintal Kodiklatal.

Adapun pelatihan perawatan jenazah tersebut di sampaikan langsung oleh Paroh Agama Islam (Parohis) Subdisbintal Kodiklatal, Mayor Laut (KH) Makin, S.Ag.

Sebelum pelaksanaan pelatihan Paroh Agama Islam Subdisbintal Kodiklatal, Mayor laut (KH) Makin, S.Ag. menyampaikan bahwa cara mengurus jenazah menurut syariat Islam tidak asal mengurus saja tetapi ada tata cara sendiri secara syariat sebab yang meninggal juga manusia yang wajib dimulyakan.

Menurutnya, secara umum merawat jenazah hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah terbiasa.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi orang-orang untuk tidak terlibat mengurus jenazah, di antaranya karena kurang tahu caranya, takut atau memiliki trauma terhadap fenomena kematian.

Semoga dengan adanya pelatihan ini para prajurit dapat mempraktekannya bila ada umat islam yang meninggal disekitar tempat tinggalnya.

Dalam pelatihan tersebut, disampaikan cara merawat dan mengurus jenazah mulai dari memandikan secara detail baik jenazah yang meninggal secara normal, jenazah yang luka karena habis kecelakaan.

Selesai memandikan dilanjutkan cara dan urutan mengkafani pada jenazah laki-laki dan perempuan.

Pelatihan diakhiri dengan tata cara dalam menshalati jenazah. (Red).

News Feed