oleh

Polres Demak Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Candi 2019, Ini Tujuh Sasarannya

-Mitra tni-114 views

 

Demak – koranprogresif.co.id – Polres Demak menggelar Apel Gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2019 dalam rangka meningkatkan keselamatan berlalu lintas di Lapangan Mapolres Demak, Kamis (29/8/2019).

Dihadiri oleh Bupati Demak, H M NatsirNatsir, Dandim 0716 Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto, Apel Gelar Pasukan juga diikuti jajaran TNI, Satpol PP, Dishub, jajaran Polres dan Polsek.

Kapolres Demak, AKBP Arief Bahtiar mengatakan, Ops Patuh Candi Tahun 2019 digelar untuk mengatasi permasalahan di bidang lalulintas yang berkembang dengan cepat dan dinamis, sehingga masalah itu perlu perhatian serius.

“Delapan sasaran yang menjadi fokus Ops Patuh Candi 2019 yaitu pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar, pengemudi roda 4 yang tidak menggunakan safety belt, pengemudi roda 4 yang melebihi batas maksimal kecepatan, pengemudi kendaraan bermotor yang melawan arus, mabuk pada saat mengemudi, pengendara kendaraan bermotor di bawah umur, menggunakan handphone saat berkendara, serta kendaraan bermotor yang menggunakan lampu strobo, rotator dan sirine,” jelasnya.

Dengan tema “Polri siap meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas sebagai implementasi kebijakan promoter kapolri di bidang kamseltibcarlantas”, Polres Demak siap memelihara Kamseltibcarlantas melalui Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2019 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Aturan tersebut bertujuan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas, meningkatkan kualitas keselamatan dan membangun budaya tertib berlalu Lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik,” katanya.

Menurutnya, beberapa poin diatas merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar.

“Jajaran Korlantas Polri diharapkan mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi baik secara taktis dan teknis maupun strategis agar dapat merubah mindset masyarakat menjadi sadar dan taat dengan sendirinya terhadap peraturan lalu lintas,” imbuhnya.

Dikatakan Arief, jumlah jumlah kecelakaan lalu lintas Operasi Patuh Candi 2018 sebanyak 427 kejadian mengalami kenaikan 9% dibandingkan periode yang sama tahun 2017 sebanyak 392 kejadian.

Selanjutnya, jumlah korban meninggal dunia operasi patuh candi tahun 2018 sebanyak 36 orang, mengalami kenaikan sebanyak 12 orang atau 50% dibandingkan periode yang sama tahun 2017 sebanyak 24 orang. (Red/Sigit Hms).

News Feed