oleh

POLITEKNIK Banjarnegara, Kampus Vokasi Ternama Dipimpin Ilmuwan

-Pendidikan-480 views

 

Banjarnegara – koranprogresif.co id – Politeknik Banjarnegara, perguruan tinggi vokasi milik Pemerintah Kabupaten Banjarnegara di Jawa Tengah, menjadi satu-satunya kampus yang dipimpin oleh seorang ilmuwan.

Tuswadi, Doktor Pendidikan lulusan berprestasi S-2 dan S-3 Hiroshima University di Jepang telah menakodai Kampus di kota Dawet Ayu ini sejak 2018. Dr Tuswadi tercatat sebagai anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI), sebuah wadah para ilmuwan terkemuka di tanah air yang didirikan dengan Keputusan Presiden RI No 9/2016.

Internasional Taste di bawah kepemimpinan Dr Tuswadi, Politeknik Banjarnegara dibawa menjadi kampus vokasi terakreditasi BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dan memiliki kerjasama riset serta pendidikan dengan dua kampus besar di Negeri Sakura yakni Hiroshima University dan Hijiyama University/Junior College di kota Hiroshima.

Bermitra dengan Waku Pro Japan-Hijiyama University, Research Institute for Radiation Biology and Medicine, dan Radiation Chemical Group-Graduate School of Science Hiroshima University, Politeknik Banjarnegara menjadi garda terdepan di wilayah kabupaten Banjarnegara yang rawan bencana alam sebagai Pusat Keunggulan Pendidikan Kebencanaan (Centre of Excellence for Disaster Education).
Politeknik Banjarnegara menggagas Konsorsium Perguruan Tinggi untuk Pengurangan Risiko Bencana dengan Hijiyama University yang beranggotakan tujuh perguruan tinggi di Indonesia: Universitas Negeri Semarang, Universitas Muria Kudus, Universitas Islam Malang, Universitas Yudharta Pasuruan, Politeknik Banjarnegara, Politeknik Harapan Bersama Tegal, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tamansiswa Banjarnegara.

Seminar Kebencanaan dengan mendatangkan profesor kebencanaan dari Jepang setiap tahun digelar di kampus Politeknik Banjarnegara.

Begitu pula dengan Kuliah Umum Internasional bagi para mahasiswa juga setiap tahun menghadirkan nara sumber dari Hiroshima.

Joint-seminar Politeknik bersama Hijiyama University dan Graduate School of Science Hiroshima University dilaksanakan di Hiroshima pada 2020 dimana Politeknik memberangkatkan satu dosen dari Program Studi Kebidanan sebagai salah satu penyaji makalah bersama para peneliti dan mahasiswa paska sarjana di Jepang dengan Tema “Latest Research Development in Disaster Risk Management & Education”.

Lengkap dan Canggih
Sebagai kampus vokasi milik Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Politeknik Banjarnegara memiliki sarana prasarana pendidikan lengkap dan canggih.

Berdiri megah di lahan seluas 10 hektar yang sejuk dan hijau, kampus vokasi dengan tiga program studi unggulan ini mempunyai laboratorium kebidanan terlengkap di Jawa Tengah, laboratorium Agroindustri yang unggul pada teknologi kultur jaringan, dan laboratorium Kesehatan Lingkungan yang sangat populer pada pengendalian vektor malaria.

Program Studi D-3 Kebidanan membentuk tenaga bidan ahli madya tersertifikasi yang terampil, cekatan, cerdas dan santun. Program Studi D-3 Kesehatan Lingkungan menghasilkan tenaga sanitarian ahli madya tersertifikasi yang terampil dan unggul di bidang pengendalian vektor.

Program D-3 Studi Agroindustri membentuk tenaga teknis ahli madya tersertifikasi di bidang pertanian yang kompeten dan terampil serta siap berwirausaha mandiri.

Setiap tahun, alumni Politeknik Banjarnegara terserap di dunia kerja baik pada sektor negeri (sebagai ASN/PNS) maupun sektor swasta dan wirausahawan mandiri.

Bahkan para lulusan terbaik D-3 Agroindustri (2019) sukses gemilang mengibarkan Persemaian Banjarnegara di Politeknik bermitra dengan Balai Pengendali Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Serayu Opak Progo sebagai salah satu Persemaian Kacang Makadamia Terbaik di kancah Nasional. Makadamia adalah kacang asli Australia yang bernilai ekologi untuk konservasi tanah dan bernilai ekonomi seharga Rp. 300.000,-/kg.

Untuk tahun akademik 2021/2022 Politeknik Banjarnegara yang terletak di Jl. Raya Kenteng Madukara Km 2 Banjarnegara Jawa Tengah menerima mahasiswa baru dari lulusan SMA/SMK/MA/Kejar Paket C untuk masing-masing program sudi dengan berbagai skema beasiswa termasuk KIP Kuliah.

Lulusan Politeknik Banjarnegara berkesempatan oterkirim ke Hijiyama University, untuk mengikuti Pelatihan Intensif Bahasa Jepang selama satu tahun secara gratis (dibebaskan dari biaya kuliah selama di Jepang) untuk persiapan studi lanjut dan atau bekerja di Negeri Sakura.

Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik dapat diakses di www.polibara.ac.id. (Red/Nur S).

News Feed