oleh

PN Jaktim, Tuan Rumah MoU Sistem Peradilan Pidana Terpadu Berbasis Tekhnologi Informasi

Jakarta – koranprogresif.co.id – Sebagai tuan rumah, Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Selasa (25/6) menisiasi Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) sistem peradilan pidana terpadu berbasis tekhnologi informasi antara penegak hukum wilayah kota adaministrasi Jakarta Timur.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kepala Kejaksaan Negeri jakarta Timur, Kapolres Jakarta Timur, dan Kepala Rutan serta BNNK.

“Selamat dan terima kasih kepada Pengadilan Jakarta Timur yang sudah menisiasi penandatanganan MOU ini, mudah-mudahan dengan adanya sistem peradilan terpadu berbasis tekhnologi informasi akan lebih mempermudah dan kontrol serta koordinasi antara aparat penegak hukum,” ujar Wakil Walikota Jakarta Timur, Uus Kuswanto usai acara.

Menurutnya, hal tersebut akan sangat membantu pihaknya serta masyarakat untuk memantau proses hukum yang sedang berjalan serta memahami adanya kendala yang terjadi.

Kedepan, Uus berharap, tidak ada lagi informasi yang membuat bingung, karena sudah terbuka jalurnya semua.

“Insya Allah, proses peradilan sedang berjalan di Indonesia akan lebih baik lagi,” katanya.

Sementara Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Sumino dalam pernyataannya meyakini bahwa, kedepan semua sistem akan di kontrol. “Jadi antara perkara Kepolisisan dan Kejaksaan serta pengadilan juga Rutan akan terkontrol oleh sistem. Jadi perkara tidak akan bersentuhan antara personil dengan personil,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, jika sistem lambat di kepolisian maka akan terlihat di Kejaksaan, sistemnya akan terkontrol begitu juga jika Pengadilan terkendala akan terkontrol oleh rutan jadi prosesnya akan baik melalui sistem.

“Masyarakat dalam hal ini untuk mengontrol perkaranya akan lebih mudah,” ucap Sumino. (Rd/Ev).

News Feed