oleh

Peserta Orientasi Wartawan PWI Jaya Gelombang 1/2019, Lampaui Target

Jakarta – koraprogresif.co.id – Para pengurus organisasi profesi wartawan pertama di Indonesia (Persatuan Wartawan Indonesia/PWI) DKI Jakarta masa bakti 2019-2024 mulai bekerja sesuai dengan janji kampanyenya terdahulu.

Setelah dilantik di Balaikota pada 2 Juli 2019 lalu dengan dihadiri oleh sejumlah petinggi negara seperti Gubernur DKI Jaya, Anies Baswedan, Ketua DPR, Bambang Soesatyo dan Anggota Watimpres, Agum Gumelar, pengurus PWI DKI Jaya sontak menggelar Orientasi Wartawan, Angkatan 1/2019.

Giat Orientasi Wartawan ini dilakukan di markas PWI DKI Jaya sendiri di Gedung Sasana Karya Lantai 9, Jakarta, Sabtu (6/7/2019). Tak diduga peserta yang mengikuti program tersebut mencapai 67 orang, jumlah itu di luar dari prediksi awal yang hanya mencapai 30 orang.

Sejumlah wartawan muda maupun senior dari puluhan media cetak, online dan elektronik ini tampak begitu seksama mengikuti setiap pemateri yang menyampaikan materi masing-masing. Acara dimulai sejak pukul 8:30 WIB, dibuka oleh MC, Kesit Budi Handoyo yang menjabat sebagai Sekretaris di kepengurusan baru, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah.

Setelah itu, sesi pertama tentang penjelasan pedoman dasar/pedoman rumah tangga PWI dibawakan oleh Pemimpin Redaksi Breakingnews.com, Tubagus Adhi yang menjabat Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan PWI Jaya. Usai materi dibawakan Tubagus, muncul tujuh wartawan yang bertanya perihal permasalahan di lapangan yang sering dialami wartawan.

Tak heran, dikarenakan Tubagus Adhi merupakan wartawan senior yang memiliki pengalaman lengkap sebagai wartawan di media cetak, online, radio dan televisi juga meliput sejumlah ajang olahraga dan umum baik di dalam maupun luar negeri. “Banyak wartawan begitu kritis saat ini, terlihat dari tujuh penanya usai materi dibawakan,” kata Tubagus Adhi.

Setelah itu, dilanjutkan ke sesi kedua yang lebih berat dengan materi Penerapan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) UU No. 40/1999 tentang Pers Pedoman Pemberitaan Media Siber dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak pada Karya Jurnalistik. Materi ini berjalan sepanjang 120 menit dibawakan oleh Ketua Komisi Kompetensi PWI Pusat, Kamsul Hasan yang masih aktif sebagai wartawan Harian Poskota.

Materi yang dibawakan Kamsul Hasan juga banyak bercerita soal pengalaman wartawan senior ini selama meliput yang lebih banyak membahas soal materi hukum.

Orientasi wartawan angkatan pertama yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi DKI Jakarta (PWI Jaya) periode 2019-2024 meloloskan sebanyak 48 peserta dari total 70, yang memenuhi administrasi untuk hadir dalam acara tersebut.

“Ini Angkatan I untuk periode pengurus yang baru dilantik 2 Juli 2019 lalu, jadi ada 14 berkas pendaftar yang kami kembalikan karena tidak terpenuhinya persyaratan yang ada, salah satunya sisi badan hukumnya bukan pers,” kata Sekretaris Umum PWI Jaya, Kesit Budi Handoyo di markas PWI Jaya, Gedung Sasana Karya Lantai 9, Jakarta, Sabtu (6/7/2019).

Kesit mengungkapkan biasanya pada pelaksanaan Orientasi Wartawan sebelumnya peserta normalnya dibatasi hanya berjumlah 40 orang, akan tetapi, dikarenakan antusiasme peserta pendaftar yang melebihi target maka setelah dilakukan pemeriksaan berkas secara detail, hanya 48 peserta yang lolos untuk mengikuti orientasi angkatan I pada 6 Juli 2019 ini.

“Event ini memang menjadi ajang PWI Jaya untuk merekrut anggota-anggota baru juga memperbarui anggota lama yang kartu keanggotaannya sudah hilang atau tidak aktif lagi, nah kami tidak mengedepankan kuantitas tapi kualitas makanya dibatasi hanya 40 peserta, sekarang 48 karena antusiasme terhadap pengurus baru ini begitu besar, jadi kami apresiasi,” ungkap Kesit.

Pihaknya berharap, dengan adanya orientasi ini, seluruh anggota PWI Jaya bisa memahami peran, hak dan tanggungjawabnya saat menjalankan tugas sebagai wartawan di mana pun bertugas, termasuk menjunjung tinggi nilai organisasi ini.

Dalam acara orientasi ini, peserta dibekali dengan berbagai materi, yakni mulai dari sesi pertama tentang penjelasan pedoman dasar/pedoman rumah tangga PWI dibawakan oleh wartawan senior Breakingnews.co.id, Tubagus Adhi yang menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan PWI Jaya ditemani Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah.

Sesi kedua diisi materi Penerapan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) UU No. 40/1999 tentang Pers Pedoman Pemberitaan Media Siber dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak pada Karya Jurnalistik yang dibawakan oleh Ketua Komisi Kompetensi PWI Pusat, Kamsul Hasan yang juga wartawan senior Harian Poskota.

Sesi ketiga dibawakan oleh Sekum PWI Jaya, Kesit Budi Handoyo mengenai pedoman penulisan berita.

Orientasi ini sendiri berlangsung sejak pagi pukul 08.00 hingga 14.25 WIB. (Red).

News Feed