oleh

Peringati Hari Jadi PDGI, Ratusan Dokter Gigi Indonesia Baksos di Cianjur

-Nusantara, Sosbud-136 views

Cianjur – koranprogresif.co.id – Korban Gempa Cianjur, Jawa Barat masih membutuhkan kepedulian kita semua. Masalah kesehatan dan kebutuhan bahan pokok merupakan bagian masalah yang secara bersama diperlukan langkah-langkah nyata untuk meringankan beban masyarakat Cianjur.

Dibangunnya hunian sementara dan pelayanan kesehatan dilakukan oleh pemerintah dengan melibatkan semua elemen yang ada merupakan langkah nyata yang telah dilakukan.

Persatuan Dokter Gigi (PDGI) Indonesia memperingati Hari Jadinya ke-73 tahun, melaksanakan Bhakti Sosial di Cianjur, Jawa Barat.

Kegiatan Bhakti sosial ini sebagai bentuk kepedulian insan komunitas kedokteran gigi atas bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu yang lalu. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang masih dirasa dampaknya akibat gempa. Kepedulian PDGI sendiri sudah dimulai sejak hari pertama terjadi bencana gempa, dengan mengirimkan bantuan makanan dan sembako, serta “toilet portabel” di berbagai titik serta pemberian “sanitary kit” pada waktu itu.

Bhakti sosial kali ini dilaksanakan selama 1 hari meliputi 5 titik di wilayah yang berbeda di Kecamatan Cugenang.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi penyuluhan gigi dan pembagian sikat gigi dan pasta gigi di sekolah darurat, pembagian sabun mandi serta pemerikasaan gigi dan pengobatan gigi, Trauma healing dan hiburan untuk anak-anak, serta pembagian sembilan bahan pokok. Pemeriksaan gigi dan pengobatan gigi dilaksanakan di dalam unit mobile dental service yang berjumlah 4 kendaraan di 3 titik dan ditambah kursi gigi lapangan.Banyak kasus gigi berlubang dan dilakukan penambalan serta tidak sedikit yang memerlukan pencabutan gigi karena sudah sangat rusak kondisi giginya.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL R.E Marthadinata dengan mengirimkan tim dokter gigi beserta 1 kendaraan bus dental klino mobile.

Selain itu, para dokter gigi dari wilayah juga hadir dalam kegiatan sosial ini seperti Pengurus Wilayah Makassar, Banjarmasin dan yang lainnya.

Warga Cianjur merasa terbantu dengan kegiatan ini. Mereka menyampaikan terima kasih atas kepedulian para dokter ini. (Red).

Berita Lainnya