oleh

PERAN TNI AD DALAM PENGEMBANGAN KETAHANAN PANGAN (PAJALE)

-TNI Polri-185 views

 

 

BITUNG – Rapat dalam rangka mendukung program upaya khusus padi, Jagung dan Kedele serta Sosialisasi pengembangan Jagung, bertempat di Kantor Dinas Kethanan Pangan dan Pertanian kota Bitung dihadiri Kepala Staf Kodim 1310/Bitung Mayor Inf Vino S. Onibala, S.Pt, (21/11/2018).

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Babinsa Kodim 1310/Bitung antara lain, Srm P. Kamalaheng, Srk Kartomo, Srt. Jhon Siolangeng, Srd. Northon Majuntu, Srd. Juandri Lalao, Koptu Ferri Wanimbo, Kopda Yanto Miu, dan Pegawai Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kota Bitung yaitu, Bpk. Soni Wenas, S.sos MAP (Kepala Dinas Ketahanan Pangan kota Bitung), Bpk. Hence (Ketua Panitia Kegiatan), Kordinator BPP se-Kecamatan kota Bitung, Kelompok Jabatan Fungsional, Pengamat Organisme Tanam (POPT), Kabid PSP Ibu Meytie Moningka, Kabid Tanaman Pangan Ibu. Wilhelmina J. Nova. Pangemanan, S.Pt.M.Si.

 

Pada kesempatan itu, Kepala Staf Kodim 1310/Bitung memberikan materi tentang peran TNI AD dalam pengembangan ketahanan pangan (Pajale) di Kota Bitung. Menurutnya, Peraturan Presiden Nomor 2/2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional – RPJMN 2015 -2019, mengamanatkan Kementerian Pertanian untuk melaksanakan pembangunan sektor pertanian guna mencapai kedaulatan pangan.

 

 

Kementerian Pertanian bertindak selaku pelaksana utama, koordinator dan penanggung jawab dari pembangunan sektor pertanian. Namun, keterlibatan dan pertumbuhan sangat penting dalam mencapai kesuksesan program pembangunan ini. Keberadaan Babinsa di tiap desa / kecamatan merupakan rantai komando dari komando tugas militer (Kodim), komando resort militer (Korem), komando daerah militer (Kodam), di bawah Kendali Markas Besar TNI AD (Mabesad) yang dipimpin Kepala Staf TNI AD (Kasad).

 

Dengan menggunakan SDM dari TNI AD hingga ke pelosok negeri ini, peran strategis dan keterlibatan TNI melalui upsus, peningkatan produksi pangan strategis, sebagai ujung tombak dukungan pembangunan pertanian nasional. Kementerian Pertanian dan TNI AD yang bekerja sangat keras, khususnya dalam padi, jagung dan kedelai (Upsus Pajale) dalam tiga tahun terakhir hasil positif. Dalam dua tahun terakhir, swasembada pangan telah menemukan dukungan infrastruktur dan alat-alat pertanian (Alsintan) sampai ke pelosok pedesaan, hal yang terabaikan sejak puluhan tahun lalu.

“Ketelibatan TNI AD bersifat murni dan semata-mata dilandasi oleh tugas utama mereka menjaga kedaulatan negara dan bangsa, salah satunya melalui kedaulatan pangan,” ujar Kasdim.

News Feed