oleh

Penyelesaian Banjir dan Rob di Demak, Pemerintah Pusat Harus Maksimal Penanganannya

Demak – koranprogresif.co.id – Terkait penanganan banjir dan rob di wilayah Kabupaten Demak yang semakin tinggi, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Demak, Drs. M. Agus Nugroho Luhur Pambudi mengatakan, secara teori, penanganan banjir dan rob yang terjadi semakin tinggi salah satunya disebabkan oleh Penurunan Permukaan Tanah (Land Subsidence).

Untuk itu, lanjut dia, ada beberapa penanganan yang harus dilakukan agar banjir dan rob tidak meluas dan berdampak secara signifikan.

“Harus adanya perbaikan Saluran, Pengerukan Sedimentasi, Optimalisasi Pompa, Pembuatan folder dan Pembuatan Tanggul Pengamanan Sungai dan Pantai,” kata Agus Nugroho saat di konfirmasi melalui WhatsApp, Rabu (8/9/21).

Ia menjelaskan, dampak genangan banjir dan rob yang terjadi pada ruas jalan nasional menimbulkan kemacetan lalu lintas dan terganggunya perekonomian masyarakat, sedangkan yang terjadi pada lingkungan permukiman mengganggu kehidupan sehari-hari masyarakat dan juga berdampak pada kesehatan.

Ia menambahkan, pemerintah pusat yang seharusnya lebih dominan di dalam penanganan banjir rob di Kabupaten Demak.

“Sungai – sungai besar yang menyebabkan banjir rob di Demak itu merupakan Kewenangan BBWS Pemali Juwana/Kementerian PUPR, maka mestinya pemerintah pusat yang harusnya lebih dominan di dalam penanganan banjir rob,” pungkasnya. (Red)

News Feed