oleh

Pengenalan Kampus, UMPR Gelar P2KK untuk Ribuan Mahasiswa Baru

Palangka Raya – koranprogresif.co.id – Menyambut mahasiswa baru (Maba), Universitas Muhammadiyah (UMPR) Palangka Raya menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang bertajuk Program Pengenalan Kehidupan Kampus, yang kemudian disebut P2KK.

P2KK ini merupakan P2KK kedua yang dilaksanakan secara online. PKKMB Online pertama kali diadakan pada tahun 2020 kemarin mengingat dalam kondisi pandemi Covid-19.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari sejak Kamis hingga Sabtu (9-11 September).

Mengingat masih masa Pandemi, kegiatan P2KK ini berlangsung secara daring.

Meski berlangsung secara daring, tidak menghalangi antusias dari para mahasiswa baru untuk mengikuti kegiatan orientasi ini.

Kegiatan P2KK ini dibuka langsung Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd. Seluruh Pimpinan Universitas hadir secara Daring maupun Luring.

Pimpinan yang hadir secara Luring antara lain, Rektor UMPR (Dr. Sonedi, M.Pd.), Wakil Rektor 1 (Dr. Hj. Laksminarti, S.H., M.H.), Wakil Rektor 2 (Ika Safitri Windiarti, S.T., M.Eng., Ph.D.), dan Wakil Rektor 3 (Dr. Norcahyono, S.Pd.I., M.H.I.). Adapun Pimpinan lainnya hadir secara Daring via Platform Zoom Meeting.

Ketua Panitia P2KK, Ilham, M.Pd dalam sambutannya mengemukakan bahwa, Program Pengenalan Kehidupan Kampus (P2KK) merupakan wahana bagi pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang yang dewasa dan mandiri. “Selain itu, P2KK juga diharapkan dapat mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi,” ujar Ilham, M.Pd pada Kamis (9/9).

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Kemahasiswaan ini, menyampaikan banyak terima kasih atas Kerjasama seluruh pihak untuk mensukseskan acara P2KK ini. “Rasa terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh pihak khususnya kepada para Panitia, Dosen, Pegawai, dan adik-adik mahasiswa yang telah bekerja keras demi kelancaran kegiatan rutin tahunan ini,” sambung Ilham, M.Pd.

Dalam sambutannya, Dr. Sonedi, M.Pd, selaku Rektor UMPR mengatakan, ada beberapa poin penting diselenggarakannya P2KK disamping sebagai agenda rutin tahunan. Pertama, katanya, sebagai pengenalan dunia kampus kepada mahasiswa baru agar mahasiswa baru mampu beradaptasi secara akademik maupun non akademik.

Selain itu proses ini juga digelar, katanya, untuk pengenalan visi dan budaya kampus. “UMPR merupakan Perguruan Tinggi yang memiliki tagline unggul dan berkarakter, dan menjadi Perguruan Tinggi terbaik se Kalimantan Tengah. Selain itu, UMPR juga merupakan PTS yang memiliki Program Studi terbanyak yang terakreditasi A,” katanya di hadapan 1059 mahasiswa, Kamis (9/9).

Rektor melanjutkan, P2KK ini penting untuk pengenalan mengenai salah satu Program yang sedang digalakkan oleh pemerintah yaitu Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) bagi mahasiswa baru. “Kebijakan ini menekankan pentingnya ‘perluasan kebebasan’ bagi mahasiswa selama menempuh proses pembelajaran di kampus. Diharapkan dengan program MBKM ini akan memperkaya mahasiswa dengan pengetahuan multi-disiplin, selain pengetahuan dalam bidang studi utama yang menjadi pilihannya. Selain itu, juga diharapkan akan memperkaya mahasiswa dengan keanekaragaman perspektif dalam melihat suatu permasalahan,” sambungnya.

Tidak lupa Rektor menyampaikan sebuah kata Mutiara yaitu Jadilah gagak putih karena gagak hitam itu sudah biasa. “Disamping belajar ilmu pengetahuan, luangkan juga waktu kalian untuk belajar berorganisasi karena saudara akan belajar bersosialisasi, berkomunikasi, manajemen waktu, manajemen konflik, strategi, dan lainnya. Organisasi kampus adalah dunia nyata. Softskill saudara akan terasah,” kata Rektor UMPR ini.

Rektor juga berharap, kegiatan P2KK UMPR 2021 ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan sekalipun terbatasi di masa pandemi saat ini. “Semoga P2KK UMPR 2021 ini berjalan dengan sukses dan selamat datang mahasiswa baru UMPR, serta selamat mengukir prestasi demi nama baik UMPR,” pungkasnya. (Sut/Ap/My).

News Feed