oleh

Pengairan Lahan Tidak Maksimal, Gapoktan Mekar Mukti Swadaya Sewa Excavator

 

Lamsel – koranprogresif.co.id – Akibat belum maksimalnya system pengairan untuk lahan persawahan Didesa Mekar Mulya Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan, Gapoktan Mekar Mukti berinisiatif untuk swadaya menyewa alat berat guna membuat parit pengairan diareal sawah seluas 150 hektar.

Hal ini dikatakan Ketua Gapoktan Mekar Mukti, Haji Darto dilokasi pekerjaan pada Rabu (11/7/19).

“Lahan sawah milik anggota Gapoktan Mekar Mukti ada 200 Hektar lebih dan ada didua titik mas, dan sering kali untuk tanam gadu sawah kekurangan air akibat saluran air (irigasi) tidak maksimal. Kami sepakat swadaya untuk menyewa excavator untuk membuat parit,” terangnya.

Menurut Hi.Darto, alat berat tersebut disewa sudah 10 hari dan diperkirakan pekerjaan pembuatan parit saluran air akan selesai dikerjakan dengan excavator sukurangnya 200 jam.

“Kami swadaya untuk bayar alat berat (excavator) sudah 10 hari dan kami perkirakan untuk menyelesaikan pekerjaan pembuatan parit dilahan persawahan seluas 150 hektar akan selesai sekurangnya 200 jam, dan untuk sewa alat murni swadaya petani anggota Gapoktan,” imbuhnya.

Menurut Ketua Gapoktan Mekar Mukti Desa Mekar Mulya, ini akan ada bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pertanian berupa irigasi ditahun 2019 ini, namun lokasinya direncanakan dilokasi berbeda tapi masih lahan petani anggota Gapoktan Mekar Mukti dengan luas sawah ada 130 hektar.

“Sebenarnya sudah direncanakan Gapoktan kami akan dapat bantuan irigasi dari pusat, tapi lokasinya dititik yang berbeda, tapi masih lahan sawah milik petani anggota Gapoktan Mekar Mukti, luas sawahnya ada 130 hektar,” ujarnya.

Hi.Darto, selaku ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang terdiri dari 22 Kelompok Tani (Poktan) berharap, dengan adanya irigasi yang memadai petani bisa terhindar dari keterlambatan tanam saat musim gadu dan bisa mengurangi resiko kebanjiran saat musim hujan. (A.Widodo)m

News Feed