oleh

PENCERAH HATI KE 30

-Opini-52 views

Di hari puasa ke 30 atau hari terakhir bulan Romadlon tahun ini kita mencerahkan hati kita dengan memahami beberapa amalan sunnah di Hari Raya Idul Fitri selain yang di sampaikan kemarin.

*Mandi besar sebelum berangkat Sholat Ied.*

*_Diriwayatkan dari Ibnu Umar, “Dari Nafi’, (ia berkata bahwa) ‘Abdullah bin ‘Umar biasa mandi di hari Idul Fithri sebelum ia berangkat pagi-pagi ke tanah lapang.”_* (HR. Malik).

*Memakai pakaian terbaik dan minyak wangi dan bersiwak*

*_Diriwayatkan dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki jubah khusus yang beliau gunakan untuk Idul Fithri dan Idul Adha, juga untuk digunakan pada hari Jum’at.”_* (HR. Ibnu Khuzaimah, dalam kitab shahihnya, 1765)

Riwayat lain adalah
*_dari Ali bin Abu Thalib juga menyebutkan bahwa Rasulullah SAW: “Menyuruh untuk menggunakan wangi-wangian yang paling bagus dari yang kita temui atau miliki pada hari Ied.”_*

Ada juga Sebuah riwayat lainnya juga menyebutkan: *_”Pada hari raya Idulfitri, Nabi Muhammad SAW mandi, memakai wangi-wangian, dan mengenakan pakaian terbaik yang dimilikinya,”_* (HR. Hakim).

*Makan terlebih dahulu sebelum keluar untuk melaksanakan shalat Idul Fitri*

*_Dari Ibnu Baridah dari bapaknya ra ia berkata: “Rasulullah SAW, tidak akan keluar dari hari raya fitri sebelum beliau makan, dan beliau tidak akan makan dulu di hari raya Adha sebelum beliau shalat (terlebeih dahulu)._* HR Ahmad dan al Tirmidzi dan di shahihkan oleh Imam Ibn Hibban).

*Mengucapkan Tahniah Al id atau Mengucapkan Selamat*

*_Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘ied, satu sama lain saling mengucapkan_* *“Taqabbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).”* Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. (Fath Al-Bari, 2: 446)

Demikian, Selamat Idul Fitri dan mohon maaf atas khilaf dan Salah. Taqoballahu minna waminka.

Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam.

#H. Agus Rohmat

News Feed