oleh

Pemkab Pulau Pisang Belajar System Paten ke Pemda Banjarbaru

-Nasional-191 views

Pulpis – koranprogresif.co.id – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau (Pulpis) melakukan kunjungan kerja ke Pemeritah Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk mempelajari System Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten), Kemarin.

Seperti yang disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Pulpis Saripudin bahwa hal ini sangat baik jika mampu diterapkan di Bumi Handep Hapakat untuk mempercepat proses pelayanan secara otomatis.

“Dalam studi banding itu kita kelaksanakan di dua tempat yakni Kabupaten Banjar dan Kecamatan Martapura Timur yang telah menjalankan program tersebut dengan fitur Simpaten berupa sebuah aplikasi di kecamatan,” terangnya.

Fitur dari Simpaten, jelasnya mencakup pendaftaran dan pemprosesan pelayanan system pengarsipan, transparansi biaya layanan melalui kalkulator retribusi, survei kepuasan masyarakat, dan database pelayanan berbasis NIK.

“Ini merupakan salah satu optimalisasi peran dan fungsi pemerintahan. Sehingga sehubungan dengan pelimpahan kewenangan Bupati kepada Camat untuk Paten, termasuk juga peraturan tentang kelurahan dan desa,” kata Saripudin. (Tatang/Herd).

News Feed