oleh

PEMERINTAH KOTA SUKABUMI MENYELENGGARAKAN PELATIHAN KETERAMPILAN MENYABLON

-TNI Polri-111 views

 

Sukabumi – koranprogresif.co.id – Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Sosial Kota Sukabumi, selama 5 hari tepatnya dari tanggal 26 sampai dengan tanggal 30 November 2018, menyelenggarakan Pelatihan Keterampilan Menyablon Tahun 2018, kepada 25 orang Anjal (Anak Jalanan) yang ada di Kota Sukabumi, bertempat di Ruangan Pertemuan Dinas Sosial Kota Sukabumi.

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi, Hudi Kodir Wahyu, S.Sos., M.K.M. Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, para Kepala Bidang, Kepala Seksi, Kepala Sub Bagian dan Staf di Lingkungan Dinas Sosial Kota Sukabumi, serta Aktifis Seni dan Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, PLT Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi, Hudi Kodir Wahyu, S.Sos., M.K.M. mengharapkan, dengan dilaksanakannya pelatihan ini, dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para Anjal di Kota Sukabumi, serta bisa membuka usaha dan menciptakan lapangan kerja baru, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi teman-temanya.

Selain itu, juga dapat mengurangi potensi PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) di Kota Sukabumi, khususnya para Anjal.

PLT Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi menjelaskan, pelatihan ini merupakan program tahunan Dinas Sosial Kota Sukabumi, sebagai salah satu wujud nyata dan upaya Dinas Sosial Kota Sukabumi, dalam mengurangi potensi PMKS di Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, setelah selesai mengikuti pelatihan ini, para peserta akan diberi bantuan berupa alat dan bahan untuk menyablon. Namun harus membuat dan mengirimkan proposal terlebih dahulu ke Dinas Sosial Kota Sukabumi, untuk dikirimkan kembali ke Pemerintah Kota Sukabumi.

Sementara Kepala Bidang Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial Dinas Sosial Kota Sukabumi, Drs. Aang Zaenudin, M.M.Pd. menjelaskan, salah satu faktor yang menjadi penyebab banyaknya Anjal di Kota Sukabumi, yakni faktor ekonomi dan keluarga.

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya pelatihan ini, dalam rangka upaya memberi sekaligus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepada para Anjal yang ada di Kota Sukabumi, supaya ke depannya bisa meningkatkan taraf hidupnya secara mandiri.

Dalam pada itu, salah seorang Nara Sumber, Drs. Heru Haerudin Sugih menjelaskan bahwa, ilmu cetak menyablon adalah teknik mencetak dalam berbagai media, seperti kaos, plastik, kertas, kaca, kayu dan sebagainya, dengan menggunakan alat bantu yang disebut Screen Sablon.

Dijelaskan pula, kegiatan menyablon sekilas kelihatan mudah dan sederhana. Namun pada praktiknya, kegiatan menyablon ini membutuhkan kemampuan khusus, untuk mendapatkan hasil yang berkualitas.

Selain itu juga dijelaskan, keunggulan teknik menyablon adalah bisa mencetak dengan jumlah yang banyak, menghasilkan beberapa efek yang menarik, biaya cetak terjangkau, serta bisa dilakukan pada berbagai jenis permukaan bahan. (Hms/MYS/PS).

News Feed