oleh

PEMERINTAH KOTA SUKABUMI AKAN MELUNCURKAN APLIKASI BPHTB ONLINE

-Nusantara-195 views

Sukabumi – koranprogresif.co.id – Pemerintah Kota Sukabumi melalui BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kota Sukabumi, dalam waktu dekat ini menurut rencana akan meluncurkan Aplikasi BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan) Online.

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Bimtek (Bimbingan Teknis) Aplikasi BPHTB Online Pemerintah Kota Sukabumi. tepatnya tanggal 19 November 2018, di Aula Bank BJB Sukabumi mengatakan, Aplikasi BPHTB Online Pemerintah Kota Sukabumi ini, untuk memberikan kemudahan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dalam membayar BPHTB.

Selain itu juga dikatakan, inovasi yang digagas oleh BPKD Kota Sukabumi ini, untuk mempercepat pelayanan, serta tertib adminsitrasi dan mempermudah semua pihak terkait, seperti PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) atau PPATS (Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara), KPP (Kantor Pelayanan Pajak) Pratama Sukabumi dan Kantor ATR – BPN (Agraria dan Tata Ruang – Badan Pertanahan Nasional) Kota Sukabumi.

Dikatakan pula, selain dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam membayar BPHTB, juga bisa mengontrol besaran pendapatannya.

Wakil Wali Kota Sukabumi menjelaskan. seiring dengan meningkatnya kegiatan ekonomi di Kota Sukabumi, jumlah transaksi jual beli tanah dan bangunan di Kota Sukabumi, dari tahun ke tahunnya senantiasa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Demikian pula penerimaan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Sukabumi dari sektor BPHTB, juga senantiasa menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan.

Oleh karenanya, realisasi BPHTB di Kota Sukabumi sangat baik, serta senantiasa melebihi target. Namun demikian, Wakil Wali Kota Sukabumi mengharapkan, dengan adanya Aplikasi BPHTB Online Pemerintah Kota Sukabumi ini, realisasi BPHTB di Kota Sukabumi bisa lebih baik lagi.

Dalam pada itu, Kepala BPKD Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M. didampingi Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) PBB-P2 (Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan) dan BPHTB BPKD Kota Sukabumi, Ir. Atep Kurniawan, M.M. menjelaskan, akan diluncurkannya Aplikasi BPHTB Online Pemerintah Kota Sukabumi ini, selain untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam melakukan pembayaran BPHTB, juga prosedur adminsitrasi yang ditransaksinya bisa lebih ringkas dan lebih cepat. Selain itu, juga akurasinya lebih tepat, serta penarikan PAD-nya pun bisa lebih cepat,

Untuk itu, Kepala BPKD Kota Sukabumi menargetkan, Aplikasi BPHTB Online Pemerintah Kota Sukabumi ini, bisa direalisasikan dan dioperasikan pada awal tahun 2019 mendatang. (Hms/MYS/Pepe S).

News Feed