oleh

Pemda Demak Diminta Peduli Lingkungan Warga yang Terdampak Rob dan Banjir

Demak – koranprogresif.co.id – Secara Teori semua sudah tahu kalau di daerah pesisir setiap tahun itu terjadi penurunan, sehingga bagi masyarakat yang berada di pesisir Kabupaten Demak beresiko terjadi abrasi atau rob dan lainnya.

Menyikapi hal tersebut, tokoh warga Demak yang bermukim di Jakarta, H. Agus Rohmat yang juga Pamen Polri meminta masyarakat pesisir sebaiknya jauh – jauh hari memikirkan tempat tinggalnya masing-masing, untuk bisa pindah ke tempat lain sesuai kemampuannya.

“Tidak mungkin kalau semua di bebankan kepada Pemerintah, baik Kelurahan, Kecamatan, kabupaten, Propinsi atau Pemerintah Pusat, apa lagi saat Pandemi seperti ini yang anggarannya terfokus untuk penanganan Covid-19,” ungkapnya, Rabu (8/9/21).

Ia menilai, permasalahan ini, Dinas Sosial dan BPBD Kab. Demak perlu segera turun tangan untuk memberikan bantuan sosial bagi masyarakat pesisir yang terdampak.

Di sisi lain, Dinas Transmigrasi dipandang perlu menawarkan program transmigrasi atau di relokasi ke tanah milik pemerintah bila memang ada untuk sementara waktu, sambil menunggu anggaran untuk pengadaan tanah dan bangunan seperti dari Kementerian PUPR atas usaha Bapeda Kabupaten Demak ke PUPR.

“Ini semata – mata untuk menanggulangi daerah pesisir laut yang terkena abrasi atau rob, sehingga rumah dan pekarangannya hilang jadi laut atau terkena air semua,” pungkas Kombes Pol Agus Rohmat yang menjabat Irwasda Polda DIY. (Red).

News Feed