oleh

Pembinaan Wawasan Kebangsaan Kodim 0736 Batang

 

 

Batang – koranprogresif.co.id – Melalui Pembinaan Wawasan Kebangsaan, TNI AD Kodim 0736 Batang siap membina dan membentuk masyarakat yang berkarakter. Guna menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan mempererat Ke – Bhineka Tunggal Ika – an dalam menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Rabu (15/5/2/19).

Wawasan kebangsaan lahir ketika bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan, Perjuangan bangsa Indonesia yang waktu itu masih bersifat lokal ternyata tidak membawa hasil, karena belum adanya persatuan dan kesatuan, Kendati demikian, catatan sejarah perlawanan para pahlawan itu telah membuktikan kepada kita tentang semangat perjuangan bangsa Indonesia yang tidak pernah padam dalam usaha untuk membela Negara.

Komandan Kodim 0736/Batang, Letkol Kav Henry RJ Napitupulu yang di wakili oleh Kasdim Batang, Mayor Inf Raji mengucapkan banyak terima kasih kepada semua undangan yang hadir. Bahwa kegiatan wawasan kebangsaan semacam ini sudah sering di lakukan, dan sudah merupakan jadwal secara rutin, ini suatu bentuk dari sinergitas antara TNI dengan masyarakat,” katanya.

Lanjutnya, dengan adanya Pembinaan Wawasan Kebangsaan di maksudkan agar mengerti konsep dan prinsip dasar bela negara, serta menerapkan dalam kehidupan bernegara yang mengacu pada pasal 30 ayat 1 UUD 1945 (tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara).

“LAdapun tujuan khusus dari penyampaian Wawasan Kebangsaan adalah agar memiliki kesadaran bela negara. Bela negara bukan soal bagaimana memegang senjata, contoh nyata yang bisa dilakukan adalah dengan menghormati lambang-lambang negara dan memahami ideologi bangsa.

“Saya kira itu (bela negara) penting. Bukan pegang senjata, tetapi membangun kebangsaan. Mengorganisir masyarakat untuk bela negara di manapun berada, bahkan sampai ke desa-desa,” imbuh Mayor Inf Raji.

Acara yang hadiri oleh Kasdim Batang, Mayor Inf Raji, Danramil 11 Warungasem Kapten Inf Hari Santoso, Bati – Bati Staf Teritorial dan anggota, masing – masing Babinsa Koramil 10 Batang dan Babinsa Koramil 11 Warungasem beserta 2 orang mitra karib, serta siswa siswi Pramuka kurang lebih kesemuanya sebanyak 70 – an undang. (Red/Pen 0736).

News Feed