oleh

PELEPASAN BALON, Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Kapuas

-Nusantara-143 views

Kuala Kapuas – Koranprogresif.co.id – Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas kembali mengadakan Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2019 yang dipusatkan di Kuala Kapuas, Kamis (15/8) pagi.

Kegiatan yang diikuti oleh 320 Kader PKK dari 17 Kecamatan tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas, Ary Egahni Ben Bahat, SH.

Acara pembukaan bertempat di Lapangan Bukit Ngalangkang dan berlangsung dengan meriah, diawali dengan penampilan Sanggar Tari Tingang Menteng Panunjung Tarung dan dilanjutkan dengan Parade atau Defile tiap kecamatan.

Adapun tema yang diangkat yaitu ‘Melalui 10 Program Pokok PKK, Kita Tingkatkan Peran Kader PKK Dalam Pencegahan dan Penanggulangan Stunting’.

Menurut laporan Ketua Panitia Pelaksana, Sera Sintanola P. Sinaga, kegiatan Jambore PKK dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk menambah wawasan, pengetahuan, persaudaraan, persahabatan, serta saling berbagi pengalaman sesame kader juga sekaligus sebagai penghargaan kepada para kader PKK atas prestasinya dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan, jenis lomba yang dilaksanakan yaitu Lomba Defile Tema “10 Program Pokok PKK”, Lomba Yel-yel Tema “Hatinya PKK”, Lomba Pidato Ketua TP PKK Kelurahan/Desa Tema “Peran PKK Dalam Mencegah Stunting, Angka Kematian Ibu, dan Cakupan Imunisasi di Desanya”, Lomba Paduan Suara Lagu Wajib “Mars PKK” dan Lagu Pilihan Lagu Perjuangan dan Lomba Fashion Show Busana Kerja Ketua TP PKK Kecamatan.

“Selain itu dari 17 Kecamatan se Kabupaten Kapuas mengadakan pameran produk unggulan dari masing-masing kecamatan serta dari SOPD terkait juga ikut berpartisipasi menampilkan pameran kerajinan pengolahan hasil tanaman, pertanian, perikanan, layanan mobil pintar dan layanan kesehatan serta pelayanan KB gratis,” jelasnya.

Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya menyambut baik kegiatan Jambore PKK karena dinilai mampu meningkatkan keterampilan para kader serta ajang silahturahmi. “Kalian luar biasa karena tanpa kenal lelah tetap semangat menjadi Kader PKK dalam menjalankan sepuluh Program PKK demi kesejahteraan keluarga,” ucap Ben.

Pada saat itu, tak lupa ia mengingatkan tentang stunting. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Ia menekankan, saat ini pemerintah Kabupaten Kapuas fokus menangani pencegahan stunting.

Ditempat yang sama, Ary Egahni menyampaikan terima kasih dan bangganya karena jambore PKK diikuti oleh semua kader PKK di 17 kecamatan dan tidak ada yang absen.

Ia mengatakan, kegiatan itu sebagai ajang uji kreatifitas, inovasi dari seluruh kader dengan tujuan yang utama silahturahmi, ajang gembira, bertukar informasi dan pengetahuan satu sama lainnya.

Secara khusus, ia menekankan sesuai dengan tema yaitu bagaimana mencegah dan menanggulangi stunting di Kabupaten Kapuas, karena angka stunting di Kabupaten Kapuas cukup tinggi dan dibutuhkan peran yang besar dari seluruh kader PKK.

Melalui kegiatan ini, kader PKK tahu apa yang menjadi tugas pokok dan fungsinya dan ketika mereka pulang ke daerah masing-masing mereka juga tahu apa yang harus mereka lakukan. “Ada satu stimulan positif yang menjadi penyemangat mereka,” tuturnya.

Untuk itu, Isteri nomor satu di Kabupaten Kapuas itu berharap, agar seluruh kader PKK sampai tingkat terbawawah yaitu Dasawisma dapat mengetahui tugas pokok dan fungsinya ,serta ada keikhlasan dan ketulusan bisa mengeksekusi pengetahuan yang didapat dalam tindakan nyata, dengan melakukan pendampingan bagaimana semua kadet bersama-sama mengedukasi masyarakat desa untuk hidup bersih dan sehat, sehingga masyarakat jadi cerdas. (Gaya).

News Feed