oleh

PELDA NUR ALIM BABINSA, BUKO MENYAMBANGI PETANI YANG AREAL SAWAHNYA MENGALAMI KEKERINGAN

-TNI Polri-193 views

Demak – koranprogresif.co.id – Jajaran Kodim 0716/Demak, dari Koramil hingga Babinsa giat pendampingan petani melaksanakan pengecekan dan monitoring tanaman padi, jagung dan kedelai.

Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto menginstruksikan agar Babinsa aktif melaksanakan pengecekan sawah-sawah yang mengalami kekeringan di musim kemarau saat ini.

Menyahuti itu, Babinsa Desa Buko Koramil 06/Wedung Kodim 0716/Demak, Pelda Nur Alim melaksanakan pengecekan areal pertanian yang kekurangan debit air dan bahkan mengalami kekeringan yang begitu parah di Desa Buko Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak sehingga warga setempat kesulitan untuk memulai tanam padi di MT I, Rabu (07/11/2018).

Dalam kegiatan tersebut, Pelda Nur Alim berkesempatan berbincang-bincang langsung dengan Bpk Arman, pemilik sawah. “Sebagian besar sawah di Desa Buko yang merupakan sawah tadah hujan, banyak yang dilanda kekeringan akibat musim kemarau ini,” jelas Arman.

Pihaknya juga menuturkan bahwa, kebanyakan para petani membiarkan sawahnya tidak ditanami karena kesulitan air.

Dalam kegiatan pemantauan ini, Pelda Nur Alim berkesempatan mengecek saluran irigasi yang sudah tidak berfungsi karena kemarau panjang pada beberapa bulan ini.

Sebelumnya, Dandim memang menegaskan & menginstruksikan para Babinsa agar mewaspadai terhadap terjadinya dampak kekeringan yang melanda di sektor pertanian di wilayah binaan masing-masing Babinsa di wilayah kabupaten Demak. “Jangan lupa didata dan segera laporkan agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat,” tegas Dandim saat memberikan jam Komandan.

Menurutnya, upaya tersebut untuk mendukung program swasembada pangan pada tahun 2018/2019, dimana perlu ditindaklanjuti oleh para Babinsa di jajaran Kodim 0716/Demak.

Mengingat, sebelumnya Kodim telah melakukan kerjasama dengan Pemkab untuk menyukseskan program swasembada pangan berupa padi, jagung dan kedelai (Pajale). (Red/Rendim 0716/Demak).

News Feed