oleh

Pelayanan Administrasi Kependudukan di Grage Mall Timbulkan Kerumunan, Begini Penjelasan Disdukcapil Kota Cirebon

Kota Cirebon – koranprogresif.co.id – Dalam rangka HUT KORPRI ke 50 tahun 2021, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon menyelenggarakan pelayanan administrasi kependudukan untuk masyarakat.

Hanya saja, dalam kegiatan yang digelar di Grage Mall, Jalan Tentara Pelajar, Kota Cirebon pada Minggu (28/11) itu, justru menyebabkan terjadinya kerumunan.

Di lokasi pelayanan, terlihat banyak masyarakat yang ingin membuat administrasi kependudukan. Seperti E-KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan lain sebagainya.

Petugas kepolisian yang ada di lokasi pun terlihat beberapa kali memberikan imbauan melalui pengeras suara. Masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan pengakuan dari salah satu warga, Yusuf (53), kepadatan antrean sudah terjadi sejak pagi, tepatnya sekitar pukul 10.00 WIB. Yusuf sendiri mengaku kedatangannya ke lokasi bertujuan mengantarkan anaknya untuk perekaman E-KTP.

Menanggapi hal tersebut, Plt. General Manager Grage Mall dan Grage City Mall, Ratu Sukmayani mengatakan, pihaknya tidak menyangka jika akan terjadi kerumunan masyarakat dengan adanya kegiatan pelayanan yang diselenggarakan oleh Disdukcapil.

“Kami hanya diminta untuk menyediakan tempat dalam rangka HUT KORPRI dengan menyelenggarakan pelayanan untuk administrasi kependudukan,” ujarnya.

“Disdukcapil memang sudah ada koordinasi dengan pihak kita. Tapi kalau kita hanya memfasilitasi terkait masalah tempat,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Disdukcapil Kota Cirebon, Rahmat Saleh menjelaskan, kegiatan pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan di pusat perbelanjaan merupakan yang pertama kali dilakukan.

Rahmat mengaku tidak memprediksi sebelumnya jika pelayanan administrasi kependudukan yang diselenggarakan di Grage Mall akan menimbulkan kerumunan.

Terlebih, kata dia, warga yang datang untuk mendapatkan pelayanan bukan hanya berasal dari kota Cirebon, melainkan juga ada yang dari Kabupaten Cirebon. Sementara pelayanan hanya diperuntukkan bagi warga kota Cirebon.

“Ini baru pertama kali mengadakan pelayanan di mal dalam rangka HUT KORPRI. Biasanya kalau keliling, itu tidak banyak,” ujar Rahmat.

“Tapi ini tidak terprediksi akan segini banyaknya. Kalau tadi pagi saya lihat, ternyata banyak juga warga Kabupaten,” ungkap Rahmat.

Rahmat menegaskan, bahwa penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan yang menyebabkan kerumunan ini akan dijadikan sebagai bahan evaluasi.

“Tapi sebetulnya kami sebagai Disdukcapil menjalankan tugas, dan masyarakat antusias. Cuma memang perlu kami perbaiki dan evaluasi, bahwa kalau mengadakan di mal ini harus betul-betul direncanakan secara matang,” tutup Rahmat. (Krz)

News Feed