oleh

Peduli Kesehatan, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Hadiri Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

Pacitan – koranprogresif.co.id – Dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat dan kebersihan lingkungan, Serda Arifudin Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan, Kodim 0801/Pacitan menghadiri kegiatan sosialisasi tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), bertempat di Balai Kelurahan Pucang Sewu Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jum’at (02/12/2022).

Kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan oleh Puskesmas Tanjungsari, dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari hari.

Selain itu, Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan upaya pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicunya.

Pada kesempatan tersebut, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan meminta, agar warga masyarakat untuk bisa menerapkan pola hidup sehat, dengan cara menciptakan lingkungan tetap bersih dan sehat.

“Kesehatan merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Akses pengelolaan air minum dan makanan serta sanitasi yang buruk dalam rumah tangga dapat memicu munculnya penyakit berbasis lingkungan, untuk itu selalu terapkan pola hidup sehat,” kata Babinsa saat memberikan sambutannya kepada masyarakat.

Dirinya juga berharap, melalui kegiatan sosialisasi ini dapat menumbuhkan kesadaran setiap individu untuk bisa mengimplementasikan program STBM dalam kehidupan sehari-hari, agar terhindar dari stunting maupun berbagai macam penyakit.

“Stunting bukan hanya disebabkan adanya kekurangan asupan gizi saja, namun sanitasi yang baik seperti stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, dan pengelolaan air untuk minum dan makan juga memegang peranan penting dalam pencegahan stunting,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kepala Kelurahan Pucang Sewu (Bpk Andi), petugas kesehatan dari Puskesmas Tanjungsari (Ibu Siti Cholimah St), Bhabinkamtibmas Pucang Sewu (Aipda Imron), Perangkat Kelurahan, Ketua RT dan RW, anggota PKK, serta warga masyarakat Kelurahan Pucang Sewu. (Red).

Berita Lainnya