oleh

Pasiter Kodim 0105/Abar Perkuat Bela Negara Generasi Muda Melalui Materi Wawasan Kebangsaan Dan Outbound

-Mitra tni-89 views

 

Aceh Barat – Koranprogresif.co.id, Pasiter Kodim 0105/Abar Kapten Inf Hendra Saputra melaksanakan kegiatan sosialisasi Wawasan Kebangsaan sebagai upaya penguatan Bela Negara bagi generasi muda atau para Pelajar bertempat di Aula Sekolah MAN 1 Aceh Barat yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Kamis (1/12/2022)

Kegiatan sosialisasi ini mengusung tema “Mewujudkan Binter TNI Melalui Penguatan Bela Negara Bagi Generasi Muda Untuk Menumbuhkan Rasa Nasionalisme, Cinta Tanah Air Dan Menanamkan Kembali Nilai – Nilai Luhur Yang Sudah Mulai Luntur”, dengan melibatkan para Pelajar dari Sekolah MAN 1 Aceh Barat yang didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah Dra. Hj. Salriani.

Selaku Wakil Kepala Sekolah, Salriani sangat menyambut baik kegiatan yang dimotori oleh Pasiter Kodim 0105/Abar ini. Pasalnya, melalui Wawasan Kebangsaan dapat meningkatkan jati diri anak – anak (Pelajar) dalam menangkal hal – hal yang bersifat negatif.

“Kami berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan dalam momentum – momentum tertentu saja, akan tetapi dapat berlanjut secara continue kedepannya”, singkat Salriani

Kemudian, Pasiter Kodim 0105/Abar Kapten Inf Hendra Saputra menyampaikan materi Wawasan Kebangsaan dengan mengupas Bahaya Komunisme dan Paham Radikal hingga membuka ruang diskusi tanya jawab dengan para Pelajar.

Tak hanya mendapatkan materi pengetahuan tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara saja, akan tetapi para Pelajar juga disuguhkan atau dikenalkan dengan praktek materi Outbound yang menciptakan kekompakan dan menguatkan kerjasama antara Tim (kelompok).

Adapun materi Outbound yang dilaksanakan antara lain Water Estafet, Buldozer dan memindahkan Bola dengan Tali (Bola Tali).

“Permainan Outbound ini tidak hanya menarik ataupun memberikan tantangan tersendiri, namun dibalik semua itu ada terselip pembelajaran yang bisa dipetik yakni kerjasama dan kekompakan. Dengan kerjasama yang apik, solid dan kompak, maka setiap pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan”, papar Pasiter

Pasiter menambahkan, materi Wawasan Kebangsaan dan praktek permainan Outbound ini kiranya dapat diimplementasikan oleh para Pelajar dalam kegiatan sehari – harinya baik dilingkungan Sekolah maupun dilingkungan masyarakat.

(Red)

Berita Lainnya