oleh

Pangkalan TNI AL Nias Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam

-Mitra tni-61 views

 

Nias Selatan – Koranprogresif.co.id, Pangkalan TNI AL Nias bekerjasama dengan Stakeholder (BPBD, Basarnas TNI-POLRI dan Pemda) melaksanakan Apel Gelar Kesiapsiagaan dalam rangka Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulben) tahun 2021, dengan Irup Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, S.H. MH., bertempat di Lapangan Mako Lanal Nias, Senin (6/9/2021).

Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, menyampaikan bahwa Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulben) berdasarkan direktif Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dimana pemilihan daerah latihan di wilayah kerja Lanal Nias ini karena daerah ini rentan terhadap ancaman bencana alam gempa bumi dan tsunami.

“Latgulben ini bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan dari aparat maupun masyarakat Nias Selatan dalam menghadapi bencana. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah terjalinnya koordinasi antar stakeholder terkait pada saat terjadi bencana alam, agar dapat memahami siapa berbuat apa dengan memberikan respon cepat terhadap penanggulangan bencana, sehingga dapat meminimalisir korban jiwa,” ujar Danlanal Nias.

Melibatkan 120 orang peserta latihan yang terdiri dari seluruh stakeholder instansi terkait, latihan ini akan digelar selama 5 hari sejak 6 hingga 10 September 2021. Metode latihan klasikal nantinya peserta akan diberikan pelatihan dan materi-materi mengenai Penanggulangan Bencana Alam dari narasumber antara lain Lanal Nias, BPBD, SAR dan Tenaga Kesehatan dan dilanjutkan praktek atau gladi lapang, sehingga diperoleh gambaran yang jelas dalam aksi penanggulangan bencana.

Bupati Nias Selatan dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terimakasih serta apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan latihan penggulangan bencana ini, mengingat Kepulauan Nias rawan terhadap bahaya bencana alam gempa bumi maupun tsunami, sehingga dengan adanya Latgulben menjadi pengingat bagi semua masyarakat Nias Selatan khususnya aparat instansi terkait dalam upaya penanggulangan bencana.

(Red)

News Feed