oleh

Pangdam XII/Tpr: Saprahan Ajarkan Rendah Hati dan Saling Menghargai

 

Kubu Raya – koranprogresif.co.id – Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab didampingi Asintel Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf Wulang Nur Yudhanto, Asren Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf Marzuji, Kakesdam XII/Tpr, Kolonel Ckm dr. Sebastian Agustinus Budijono dan Dandim 1207/BS, Kolonel Arm Stefie Tjhanje Nuhujanan menghadiri acara saprahan peringati HUT ke-12 Pemkab Kubu Raya, bertempat di halaman Kantor Bupati Kubu Raya.

Hadir dalam acara Bupati Kubu Raya, para anggota DPRD Kab. Kubu Raya, Unsur Forkopimda Kab. Kubu Raya, Sekda Kubu Raya, Para Pejabat Pemkab Kubu Raya, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Para Ketua Paguyuban Etnis Kubu Raya.

Adapun tema acara, “Meningkatkan Kebersamaan dan Silaturahmi melalui Budaya Makan Saprahan adalah Wujud Kecintaan Terhadap Kebudayaan Asli Daerah Kabupaten Kubu Raya”.

Acara ini merupakan agenda rutin yang digelar Pemkab. Kubu Raya pada peringatan hari jadi Kubu Raya. Tradisi Makan Saprahan adalah salah satu tradisi masyarakat Melayu dan Bugis di Kalimantan Barat, termasuk juga di Kabupaten Kubu Raya, Kamis (11/7).

Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab kepada awak media mengatakan, acara saprahan menggambarkan bagaimana dalam kehidupan kita sekarang, dilihat dari faktor sosiologi dan hubungan komunikasi adalah sama.

Semuanya makan bersama saling berhadapan tidak ada yang membeda-bedakan strata sosialnya, semua saling menghargai.

“Artinya bahwa, dalam pelaksanaan kegiatan seperti ini mengajarkan kita dimana saja harus rendah hati dan saling menghargai dalam kehidupan,” ujar Pangdam XII/Tpr.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam XII/Tpr mengharapkan kepada Kabupaten Kubu Raya diusianya yang ke-12 semakin berkembang dengan kepemimpinan Bupati Muda Mahendrawan dan Wakil Bupati, Sujiwo.

“Kita bersama dengan pemerintah daerah TNI – Polri akan bersinergi agar apa yang menjadi program Bupati dapat terlaksana, Kodam XII/Tpr akan selalu mendukung karena sesuai undang-undang, Kodam memiliki tugas membantu pemerintah daerah sesuai dengan fungsi kami sebagai TNI,” pungkas Pangdam XII/Tpr.

Sebelumnya, selain mengikuti tradisi saprahan dalam acara tersebut, Pangdam XII/Tpr juga tampak ikut berjoget bersama dengan unsur Forkopimda Kab. Kub Raya, juga bersama Bupati Kubu Raya meninjau salah satu stand pameran. (Red/Pendam XII/Tpr).

News Feed