oleh

Pangdam XII/Tpr: Budaya Menyatukan Etnis di Kalbar

Pontianak – koranprogresif.co.id – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, menghadiri Coffee Morning yang digelar oleh Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Provinsi Kalbar di Balairungsari, Rumah Adat Melayu, Jalan Sutan Syahrir, Kota Pontianak, Kamis (27/2).

Kegiatan ini merupakan agenda rutin bulanan yang dilaksanakan oleh Paguyuban Merah Putih.

Acara Coffee Morning rutin ini digelar untuk memperkokoh persatuan dan toleransi antar suku di wilayah Kalbar dengan mengusung tema, “Dengan Semangat Persaudaraan, Kita Rawat Kebhinnekaan dan Kelestarian Lingkungan di Bumi Khatulistiwa”.

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam kesempatan tersebut berharap kepada Paguyuban yang telah tumbuh dan berkembang di Provinsi Kalbar agar terus dipertahankan.

Menurutnya, hal tersebut merupakan modal dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Provinsi lain di Indonesia belum ada Paguyuban seperti yang ada di Provinsi Kalbar ini,” kata Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Dikatakannya, dengan semangat kebudayaan yang sudah terbangun akan menjadi simbol dalam menyatukan Etnis di Provinsi Kalbar ini.

“Budaya menjadi kolaborasi dalam menyatukan semua etnis di Kalbar,” ujar mantan Aspam Kasad ini.

Sedangkan Wakil Gubernur Kalbar, H. Ria Norsan berpesan agar semua masyarakat yang terwakili dalam Paguyuban yang ada di Provinsi Kalbar ini untuk tetap menjaga Kebhinnekaan dalam merawat persaudaraan yang sudah terbangun dengan baik.

“Coffee Morning ini jadi ajang bagi kita untuk saling menghormati satu sama yang lain,” pesan H. Ria Norsan.

Kemudian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar juga sangat menyambut baik acara Coffee Morning oleh MABT Kalbar.

“Acara ini untuk merawat persatuan dan kesatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika,” jelasnya.

Dikatakannya, perbedaan baik suku, ras, agama, bukan menjadi penghalang tapi harus menjadi pemersatu. “Perbedaan itu harus menjadi kekuatan dalam sebuah persaudaraan. Kita membangun persaudaraan dari sebuah perbedaan,” ingatnya.

Koordinator Paguyuban Merah Putih Kalbar, Jakius Sinyor menyambut baik acara Coffee Morning yang dilaksanakan oleh MABT Kalbar sebagai ajang Silaturrahmi bagi semua etnis yang ada di Provinsi Kalbar.

“Kalau kita semua sudah bersatu, akan menjadi kekuatan untuk kita,” kata Jakius Sinyor. (Red/Pendam XII/Tpr).

News Feed