oleh

Pangdam III/Slw: Tanam Bibit Pohon Mangrove, Aksi Nyata Perbaiki Lingkungan

Cirebon – koranprogresif.co.id – Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi, Jum’at (10/06/2022) sudah sampai di check point 2 yaitu Pantai Karangsong Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu.

Menurut Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Slw, Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto yang dihubungi seusai mendampingi Pangdam III/Slw, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo melaksanakan Pam VVIP Kunker RI 1 di Rumpin Bogor bahwa, di setiap check point Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi diiringi dengan kegiatan penanaman pohon mangrove dan penebaran benih ikan, termasuk di Pantai Karangsong Indramayu, di samping kegiatan lainnya.

“Hal ini sejalan dengan anjuran Presiden Jokowi saat meresmikan Persemaian Rumpin Bogor, Jum’at (10/06/2022) agar memperbaiki lingkungan dengan aksi yang nyata dan jelas,” ujar Kapendam.

Kapendam menambahkan, Penanaman 200 batang pohon Mangrove dari 2000 batang yang disiapkan oleh Kelompok Tani Mangrove Jaka Kencana di Pantai Karangsong Indramayu dan penebaran benih ikan Nila dan Bandeng ini dilakukan oleh Irdam, Danrem 063/Sgj, Forkopimda Kabupaten Indramayu, para Petani Mangrove Jaka Kencana serta para guru dan Siswa Sekolah.

“Penanaman Pohon dan Penebaran ikan yang dilakukan secara pentahelix ini merupakan implementasi pelestarian lingkungan hidup, sekaligus tindak lanjut dari Peresmian Persemaian Rumpin Bogor yang hari kemarin diresmikan Presiden,” paparnya.

Bahkan menurutnya, kemaren Kodam III/Slw telah menanam 3500 batang Mangrove, 3000 batang diantaranya ditanam pada lahan seluas 10 Ha di Pantai Sarwajala Cirebon serta Penebaran 150 kg benih ikan di Waduk Darma Kabupaten Kuningan.

Upaya untuk pelestarian lingkungan terus dilakukan oleh Kodam III/Slw, sebagai aksi nyata dalam penyiapan wilayah pertahanan yang tersebar di wilayah teritorial Kodam III/Slw.

“Dengan pelestarian alam yang berkelanjutan akan mempertahankan ekosistem, sehingga lingkungan menjadi alami dan bersahabat dengan manusia serta kemungkinan bencana alam akan terhindar,” pungkasnya. (Red/Pendam III/Slw).

Berita Lainnya