Olimpiade Islam Anak Negeri & Pawai Ramadhan, Awali Program Ramadhan 2023 Bakrie Amanah

Nusantara, Sosbud14 views

Jakarta – koranprogresif.co.id – Lembaga amil zakat nasional Bakrie Amanah luncurkan program Ramadhan untuk Negeri 1444H / 2023. Tema yang diusung “Bahagiakan Anak Negeri”. Hal ini dimaksudkan untuk lebih bisa memperhatikan kembali kesadaran kaum muslimin akan pentingnya perkembangan masa depan anak- anak di Indonesia.

Peluncuran program Ramadhan untuk negeri ini dibuka di Masjid Al Bakrie Jakarta dengan mengadakan Olimpiade Islam Anak Negeri dan Pawai Ramadhan sebagai pre event Program Ramadhan tahun ini.

Olimpiade Islam Anak Negeri yang dimeriahkan sebanyak 200 anak dilanjutkan dengan kegiatan pawai Ramadhan di sore harinya dengan mengelilingi kawasan Rasuna Epicentrum. Dalam Olimpiade ini terdapat tiga kategori yang dilombakan, yaitu: Lomba mewarnai, lomba adzan dan lomba busana muslim.

Di tahun ini, Bakrie Amanah menargetkan jumlah jangkauan distribusi dari donasi yang terkumpul di bulan Ramadhan hingga 34 provinsi di Indonesia. Target ini, menurut M. Noerhakim, selaku Program Division Head Bakrie Amanah, masih realistis mengingat capaian di tahun 2022 yang bisa menjangkau di 28 provinsi dengan lebih dari 28 ribu jiwa yang menerima manfaat.

Menurut Noerhakim, target dari program Bakrie Amanah di bulan Ramadhan juga sejalan dengan rencana kerja program tahunan yaitu untuk bisa membangkitkan ekonomi masyarakat di Indonesia.

“Betul, untuk membangkitkan ekonomi masyarakat kita harus bisa melihat dari banyak aspek salah satunya kita juga harus melihat dari aspek anak – anak yang menjadi generasi emas bangsa. Oleh karena itu, kita sangat memperhatikan kesejahteraan anak untuk bisa terus termotivasi maju,” ujar Noerhakim.

Bakrie Amanah telah resmi berstatus sebagai lembaga amil berskala nasional yang ditetapkan melalui surat keputusan Kementrian Agama Republik Indonesia pada tahun 2022, sehingga secara resmi Bakrie Amanah telah ditetapkan untuk menghimpun pengelolaan dana ZIS serta dana sosial keagamaan lainnya untuk lingkup nasional.

Untuk itu, lanjut Hakim, Bakrie Amanah akan menyiapkan program-program sosial termasuk program pemberdayaan di banyak wilayah di Indonesia.

“Ajang Ramadhan ini, semoga Bakrie Amanah dapat menghadirkan banyak kolaborasi program dengan berbagai pihak khususnya program yang melibatkan anak-anak di banyak wilayah di Indonesia,” tutur Noerhakim. (Red).

Berita Lainnya