oleh

Oknum Kades Ditangkap Sat Reskrim Polda Lampung, Diduga Selewengkan Dana Desa & Penipuan

-Hukrim, Nusantara-7.342 views

Lampung Selatan – koranprigresif.co.id – Oknum Kepala Desa (Kades) Desa Karang Raja – Kecamatan Merbau Mataram – Kabupaten Lampung Selatan, Rosmiati dikabarkan telah diamankan Satuan Reskrim Polda Lampung di depan kantor Bank BRI Desa Karang Pucung – Kecamatan Way Sulan, pada Rabu (03/06/2020) lalu.

Hal ini juga dibenarkan beberapa warga setempat dan Sekertaris Desa (Sekdes) Karang Raja, Abdoel.

Informasi yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber, Rosmiati (Kades) Karang Raja sebelumnya memang dilaporkan atas berbagai dugaan kasus penyalah gunaan Dana Desa Anggaran Tahun 2019, keterlambatan pembayaran honor perangkat Desa dan Guru ngaji setempat.

Selain itu, ada juga kasus dugaan penipuan uang terhadap beberapa warga Kota Bandar Lampung yang mencapai ratusan juta rupiah.

Selain itu, terendus kabar adanya pemindahan Dana Desa dari Rekening Desa ke Rekening pribadi.

Atas penjemputan terhadap Kades Karang Raja oleh Aparat Kepolisian dari Polda Lampung, salah satu LSM yang aktif melakukan kontrol sosial terkait Dana Desa (DD) yaitu LSM Gerakan Peduli Anggaran (GPAN) Indonesia mengapresiasi tindakan tegas Polda Lampung.

Hal ini dikatakan Ketum LSM GPAN Indonesia, Edy Sahputra Sitorus, ST saat dihubungi wartawan pada Kamis (04/06/2020).

“Kita wajib apresiasi tindakan tegas dan cepat dari Polda Lampung, kita berharap semua penegak hukum bisa secepatnya menerima, mempelajari dan menindak lanjuti pengaduan dari masyarakat dan LSM atas adanya dugaan Tipikor, kita harus bersama – sama mengawasi anggaran dari uang rakyat (Negara), kita ikuti intruksi Bapak Presiden Jokowi untuk melawan dan mencegah korupsi,” tegasnya. (Wd/YM).

News Feed