oleh

Nelayan Pesisir Kalianda Korban Tsunami, Tunggu Bantuan Alat Tangkap Ikan Dari Pemerintah

-Mitra tni-90 views

 

Kalianda – koranprogresif.co.id – Bencana Tsunami Selat Sunda Pada Desember 2018 lalu telah memporak porandakan sebagian pesisir Lampung Selatan, termasuk perahu dan alat tangkap ikan para nelayan.

Dari penelusuran wartawan, di pesisir Selatan Kota Kalianda ternyata masih banyak nelayan yang belum bisa melaut dengan maksimal akibat kekurangan alat tangkap ikan baik perahu dan jaring ikan.

Sementara saat wartawan mengkonfirmasi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lampung Selatan, Meizar Melanesia mengatakan bahwa, pihaknya sudah mengajukan usulan kepada Pemerintah Pusat sesuai dengan petunjuk dan arahan sebelumnya dari Pemerintah Pusat agar pihaknya segera mengajukan permohonan bantuan alat tangkap ikan.

“Kita berharap permohonan bantuan alat tangkap ikan untuk nelayan segera direalisasikan, karna memang alat tangkap ikan para nelayan kita rusak saat terjadi bencana tsunami lalu,” terangnya.

Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lampung Selatan ini juga mengatakan, terealisasinya bantuan alat tangkap ikan akan membangkitkan aktifitas nelayan dipesisir Kecamatan Kalianda dan Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan.

Meizar Melanesia juga mengatakan bahwa, produksi ikan tangkapan nelayan dipesisir menurun jauh, dimana sebelumnya nelayan menangkap ikan dengan peralatan tradisional, apa lagi saat ini banyak nelayan belum bisa melaut karna alat tangkap ikan mereka rusak diterjang tsunami.

Hal ini menjadi faktor utama produksi tangkapan ikan nelayan pesisir menurun. (AW).

News Feed