oleh

Menjaga Keutuhan NKRI Melalui Penyuluhan Wasbang  Nasionalisme, Patriotisme Oleh Satgas TMMD

Batang – koranprogresif.co.id – Penyuluhan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) yang masuk dalam materi kegiatan Non Fisik dilaksanakan oleh anggota Satuan Tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-103 Kodim 0736/Batang di Desa Durenombo Kecamatan Subah Kabupaten Batang, Jawa -Tengah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Kamis (01/11/2018).

Pada TMMD Kodim Batang Desa Durenombo kali ini, melibatkan sejumlah Warga dan Beberapa Tokoh masyarakat serta dalam pelaksanaannya, salah satunya Pemerintah Kabupaten Batang melalui beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dilibatkan dalam penyuluhan wawasan kebangsaan ini.

Kegiatan yang berlangsung di rumah Kepala Dusun Dorenombo Kafrudin (55 thn) Rt.03/02, yang difungsikan sebagai tempat Penyuluhan karena Aula Kantor Balai Desa Durenombo untuk sementara waktu di pakai sebagai Posko TMMD Kodim Batang Dan SSK  Satgas TMMD Kapten Arhanud  Andi Aan Kunaefi selaku pemateri Wawasan Kebangsaan.

Dihadapan 30 peserta penyuluhan, Kapten Andi menjelaskan tentang sejarah Indonesia dari masa ke masa, mulai Kerajaan Sriwijaya hingga masa Kerajaan Majapahit yang pernah mencapai puncak keemasan pada masa Pemerintahan Raja Hayam Wuruk dan Maha Patih Gajah Mada.

Dijelaskan pula sejarah masa penjajahan, Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda, Perang Merebut Kemerdekaan  hingga masa setelah Indonesia Merdeka.  Perjuangan para pendiri negeri ini harus kita hormati, jangan sampai disia-siakan.

Di akhir materinya, Dan SSK Satgas TMMD Reg ke 103 Kodim Batang, Kapten Arhanud Andi Aan Kunaefi mengajak masyarakat untuk lebih mengerti, memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila.

Adapun tujuan dari Wasbang sendiri adalah, untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam rangka menjaga keutuhan NKRI sehingga masyarakat Durenombo semakin Cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Red/Pendim 0736/Batang).

News Feed