oleh

Maksimalkan Fungsi Linmas, Babinsa Jragung Lakukan Pendataan Linmas Yang Ada Di Wilayah Binaan

-Mitra tni-33 views

 

Demak – koranprogresif.co.id – Babinsa merupakan ujung tombak dari TNI AD yang memiliki tugas sebagai pembina teritorial yaitu melaksanakan pembinaan kewilayahan, penduduk dan kondisi sosial budaya dapat bekerja sama dengan Kepala Desa/Kelurahan, dan juga memiliki tugas dibidang keamanan bersama badan pembina ketertiban masyarakat demi menciptakan lingkungan yang aman.

Namun jumlah personil Babinsa di setiap Koramil sangatlah terbatas padahal wilayah binaan untuk masing-masing Babinsa terbilang luas.

Meskipun banyak yang berpendapat bahwa, peran Babinsa yang dirasakan selama ini cukup baik namun terkadang juga terdapat beberapa permasalahan yang sulit diatasi. Peran Babinsa yang maksimal akan dapat menciptakan lingkungan desa yang aman dan kondusif.

Untuk mewujudkan kondusifitas wilayah, babinsa Jragung, Serka Masrokin menggandeng Linmas untuk bersama-sama menjaga kemanan di Desa Binaan. Salah satunya dengan melaksanakan pendataan jumlah linmas yang ada di Desa Jragung.

Disampaikan Serka Masrokin, fungsi linmas yaitu membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib di kalangan masyarakat. Membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam, yang mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda, Rabu (07/04/2021).

Selanjutnya membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan. Linmas juga memberikan perbantuan kepada pemerintah daerah/desa, kepolisian dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum.

Perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan didesa/kelurahan.

Ditempat terpisah, Danramil 13/Karangawen, Kodim 0716/Demak, Kapten Inf Ach Syafi’i menyampaikan, untuk menciptakan ketentraman, ketertiban dan keamanan di lingkungan, linmas harus bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas melalui koordinasi kepala desa setempat selaku pengendali langsung linmas, terang dia.

Danramil berharap, satuan linmas Desa Jragung akan semakin mantap dan menjadi lebih baik dalam menjalankan tugas taggung jawabnya dalam menjaga stabilitas keamanan lingkungan, ungkap Danramil. (Red/Pendim 0716/Demak).

News Feed