oleh

Luapan Air Sungai, Rendam Rumah Warga & Rusak Tanaman Jagung Petani Di Penengahan

-Nusantara-208 views

 

Lamsel – koranprogresif.co.id – Hujan turun cukup lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan pada Sabtu dini hari (1/12/18) ini mengakibatkan banjir dibeberapa desa diantaranya Desa Pasuruhan dan Desa Kuripan.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan, kuat dugaan air yang membuat sungai meluap dan membanjiri pemukiman dan jalan salah satunya air kiriman dari gunung Rajabasa akibat adanya penebangan pohon oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Kades Pasuruhan, Ibu Kartini mengatakan, adanya banjir di desa Pasuruhan tepatnya di dusun Sumbersari “diduga” ini air dari gunung dan akibat adanya sumbatan disaluran air, untung tidak ada korban jiwa meski tadi ada warga yang sempat terseret air namun bisa ditolong,” terangnya.

Sementara ditempat lain, Bahtiar Karim, (Kadus) Sekurip Desa Kuripan mengatakan, banjir kali ini sangat besar hingga sampai dipemukiman warga dan merendam rumah warga hingga setengah meter.

Selain itu, banjir dari luapan sungai ini juga merendam puluhan hektar lahan tanaman jagung.

“Banjir ini akibat meluapnya tiga kali mas, yaitu Way Pisang, Way Batuaji dan Way Sampang. Akibat banjir ini warga dusun sekurip mengalami kerugian materil akibat rumah terendam air dan terlebih lahan pertanian kami juga kebanjiran, tanaman jagung umur 45 hari sedikitnya18 hektar habis terbawa air dan ada juga tanaman jagung yang sudah umur 90 hari siap panen juga hanyut,” terangnya.

Diharapkan Bahtiar Karim selaku Kepala Dusun, agar Pemerintah melalui dinas terkait bisa membantu petani dengan memberikan bantuan benih karena tanaman mereka rusak akibat banjir. (AW).

News Feed