oleh

Libur Lebaran, Puluhan KRI dan Ribuan Prajurit TNI AL Tetap Laksanakan Patroli Pengamanan

Jakarta – koranprogresif.co.id – Puluhan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dan ribuan prajurit TNI AL dalam suasana libur Lebaran tetap melaksanakan tugasnya berpatroli di seluruh wilayah perairan Indonesia.

Ada kurang lebih 40 kapal melaksanakan patroli dan kurang lebih 5.000 prajurit digelar di seluruh wilayah Indonesia untuk melaksanakan pengamanan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono di depan awak media saat melepas keberangkatan peserta Mudik Bersama Keluarga Besar TNI AL tahun 2022 di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, (28/4).

“Tidak hanya alutsista milik TNI AL saja yang dilibatkan, namun juga personel-personel TNI AL di seluruh Lantamal dan Lanal yang di BKO-kan untuk melaksanakan pengamanan juga tetap siaga membantu PT. Pelni baik di kapal milik PT. Pelni maupun pelabuhan selama kegiatan arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2022, termasuk juga prajurit Korps Marinir TNI AL yang melaksanakan pengamanan di bandara sehingga libur lebarannya akan kita ganti setelah penugasan selesai”, ungkap Kasal.

Kasal sendiri menghendaki seluruh prajurit TNI AL dapat turut serta merasakan kegembiraan dalam libur lebaran tahun ini, dimana sudah dua tahun lamanya tradisi mudik ini tidak bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia karena Pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, Kasal menjanjikan akan memberikan libur lebaran kepada prajurit TNI AL yang saat ini sedang melaksanakan tugas pengamanan dan operasi jika pelaksanaan tugas telah selesai.

Sejumlah pengamanan TNI AL yang di BKO-kan ke Polri sesuai perintah Panglima TNI di proyeksikan pada pelabuhan-pelabuhan, wilayah laut oleh unsur-unsur KRI dan KAL serta daerah-daerah strategis seperti bandara oleh satuan Marinir TNI AL. Alutsista dan personel TNI AL akan selalu siaga selama kegiatan libur lebaran dan bergerak sesuai permintaan.

Dalam pelepasan peserta Mudik Bersama keluarga besar TNI AL hasil Kerjasama TNI AL dan Mitra Bank yakni Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Bank Woori Saudara (BWS). diberangkatkan sejumlah 88 bus dengan jumlah pemudik sekitar 4.500 orang.

Pemberangkatan ini dilepas langsung oleh Kasal didampingi Ketua Umum Jalasenastri, Ny. Vero Yudo Margono, Wakasal, Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Pejabat Utama Mabesal dan Pengurus Pusat Jalasenastri.

Sedangkan pejabat dari Bank Mitra TNI AL yang turut mendampingi adalah Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Alexandra Askandar, Senior Vice President BSI, Ida Triana, Regional CEO Jakarta BRI, Prasetya Sayekti, Vice Presiden BNI, Joeli Koeswardhani dan Direktur Konsumer Bank Woori, Saudara M. Tri Budiono. (Red).

Berita Lainnya