oleh

Layani 1.33.830 Kendaraan Pemudik, BPJT: Sejumlah Tol Fungsional Dioperasikan

-Nusantara-221 views

 

Jakarta – koranprogresif.co.id – Sejumlah jalur tol fungsional akan dioperasikan dalam kurun waktu yang disesuaikan dengan kondisi untuk melayani sebanyak 1.383.830 kendaraan yang keluar dari Jakarta.

Demikian disampaikan Agita Wijayanto selaku unsur pemerintah di Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 yang akan diselenggarakan di Gedung Serbaguna Roeslan Abdulgani, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (20/5/2019) pukul 13.00 WIB, dengan tema “Mudik Aman dan Lancar”.

Sejumlah jalur fungsional itu, menurut Agita, di antaranya jalur Singosari-Pakis. Lalu, kata dia, jalur Terbangibesar-Kayuagung juga akan difungsionalkan.

“Memang ada jalur tol fungsional yang bisa dipakai terus-menerus selama 24 jam karen konstruksi sudah difinalisasi. Tapi yang bagi jalur fungsional lainnya, hanya akan dioperasionalkan pada siang hari agar tidak berisiko,” katanya.

Mengenai total volume lalu lintas yang masuk dari Jakarta, Agita merincikan, sebanyak 5,7 persen ke arah timur (Bandung-Surabaya). Sedangkan sebanyak 4,64 persen ke Bogor dan 26,68 peren ke Sumatra.

“Untuk yang ke arah timur, sebanyak 5 persen ke arah Cikampek ke Timur, sedangkan sisanya ke Bandung (selatan),” tuturnya.

Kerja Sama dengan Kementerian ESDM dan Kemenkes. Terkait dengan penyediaan BBM, Agita mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan ESDM. Termasuk menyiapkan SPBU mobile dan pasukan sepeda motor. “Jangan khawatir kehabisan BBM di jalan,” katanya.

Sementara itu, terkait petugas kesehatan, dia mengatakan, juga sudah dilakukan koordinasi dengan Kemenkes. Sehingga, sambung dia, di setiap TIP disediakan petugas kesehatan.

Pada kesempatan itu, Agita juga menyampaikan harapannya, kerja sama dengan provider GSM di sejumlah titik di ruas tol yang masih blankspot.

“Misalnya sejumlah titik di ruas tol Bakauheuni-Terbangibesar. Tujuannya agar memudahkanan pemudik bila berada dalam keadaan darurat,” pungkasnya.

Ruas Tol Gratis pada Lebaran 2019, Agita juga membeberkan, total tarif tol yang dikeluarkan untuk satu kendaraan pemudik dari Merak sampai Probolinggo Timur sejumlah Rp770 ribu. “Jika dibandingkan dengan moda lain, tentu sangat hemat, karena dihitung per kendaraan bisa memuat sekitar 7 orang,” katanya.

Sementara itu, Agita mengatakan, pada musim mudik ini juga ada sejumlah ruas tol di luar tol fungsional yang masih digratiskan. Yakni, sambung dia, tol Pasuruan-Probolinggo dan tol Pandaan-Malang.

“Sedangkan untuk tol Bakauheuni-Terbangibesar dikenai tarif hanya Rp112.500 untuk jarak temph yang cukup lumayan lama jika dilalui dengan nontol, sekitar 5-6 jam, yang hanya ditempuh 40 menit,” tuturnya.

Hadir pula sebagai narasumber utama, yakni Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto, dan Kepala Kakolantas Polri, Refdi Andri.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di: www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube). (Red/Jpp).

News Feed