oleh

LATIH PROFESIONALISME PRAJURIT, PRAJURIT SATLINLAMIL 1 GELAR LATIHAN SEARCH AND RESCUE

-Mitra tni-160 views

 

Jakarta – Koranprogresif.co.id,  18 Mei 2022 – Satuan Lintas Laut Militer 1 mengadakan latihan Search and Rescue (SAR) yang dilaksanakan di gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (18/5). Latihan yang dibagi dalam 2 tahap yaitu tahap teori dan tahap praktek lapangan dibuka oleh Wakil Komandan Satlinlamil 1 Letkol Laut (P) Hari Siswoyo mewakili Komandan Satlinlamil 1 Kolonel Laut (P) Yohanes Upang diikuti prajurit Satlinlamil 1 dari unsur KRI maupun staf dengan instruktur personel kesehatan dari Dinas Kesehatan Kolinlamil.

Latihan Search and Rescue pada esensinya merupakan kegiatan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan prajurit TNI AL untuk melakukan pertolongan terhadap korban kecelakaan di laut dengan cepat dan tepat untuk mengeliminir timbulnya korban jiwa. Prosedur pertolongan yang benar menjadi salah satu materi utama dalam latihan SAR yang diselenggarakan oleh Staf Operasi Satlinlamil 1 tersebut.

“Kepada seluruh peserta latihan agar memperhatikan dan menyimak setiap materi yang disampaikan instruktur. Kecelakan bisa terjadi kapan saja dan kita harus siap untuk melaksanakan penugasan SAR.” ujar Wadan Satlinlamil 1.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma menyampaikan pesannya kepada peserta latihan untuk memanfaatkan waktu latihan dengan sebaik-baiknya mengingat latihan SAR ini membutuhkan perhatian khusus karena menyangkut nyawa manusia yang membutuhkan pertolongan. Standar operasional prosedur dalam pemberian pertolongan harus diikuti dan bagi pelaku SAR dibutuhkan fisik yang prima karena kegiatan SAR belum tentu bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

Kegiatan latihan secara berkesinambungan dengan berbagai materi sesuai dengan bidang penugasan merupakan bentuk pelaksanaan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono untuk membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman dalam setiap pelaksanaan tugas.

(Red)

Berita Lainnya