oleh

Latih Pramuka Saka Wira Kartika, Ini Materi Yang Diberikan Bati Tuud Koramil 02/Bonang

-Mitra tni-204 views

 

Demak – koranprogresif.co.id – Bati Tuud Koramil 02/Bonang, Kodim 0716/Demak, Peltu Jumbadi memberikan pembinaan dan pelatihan kepada Pramuka Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang. Pembinaan ini dilaksanakan di depan Makoramil 02/Bonang, Jalan Demak-Bonang, Desa Trinodorejo, Kecamatan Bonang, Minggu (16/01/2022).

Pembinaan dan pelatihan tersebut guna membentuk sikap dan disiplin anggota Pramuka agar menjadi pribadi yang baik dan terlatih, sehingga ilmu yang didapat bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, terlebih ditengah masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bati Tuud, Peltu Jumbadi memberikan penekanan tentang kedisiplinan diri dan kepedulian dengan rekan, dan lingkungan sekitar serta memberikan pelatihan materi PBB dan materi pioneering.

Peltu Jumbadi mengatakan, pemberian materi kali ini selain melatihkan materi PBB juga dilatihkan materi pioneering, dengan tujuan, memberi informasi, ilmu baru, dan mengasah keterampilan anggota Pramuka dalam membuat sebuah model suatu objek sederhana yang nantinya dapat diaplikasikan dikehidupan pada saat dan sesudah kegiatan kepramukaan.

“Latihan kali ini kita fokuskan materi pioneering, disamping materi-materi lainnya, seperti PBB dan yang lainnya,” ujar Bati Tuud.

Pioneering sendiri merupakan salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek, seperti bangunan kreatif, tandu, mendara Kaki tiga, menara kaki empat, dan alat-alat lain nya.

“Disini kita ajarkan tentang perbedaan tali, simpul dan ikatan. Karena tak jarang orang mencapuradukkan ketiganya dan sulit membedakannya,” imbuhnya.

Pelltu Jumbadi menjelaskan bahwa, perbedaan dari ketiganya yaitu, tali merupakan bendanya, simpul merupakan hubungan antara tali dengan tali.

Sementara ikatan merupakan hubungan antara tali dengan benda lain seperti kayu, balok, bambu dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, latihan ini juga memiliki banyak manfaat, antara lain memupuk rasa kebersamaan, kekompakan, dan kerjasama yang baik antar peserta latihan.

Dapat diterapkan pada saat situasi genting maupun pada P3K dan memproyeksi pemikiran peserta dalam merancang suatu objek sebenarnya. (Red/Pendim 0716).

Berita Lainnya