oleh

Lantamal I Gelar Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2023

-Mitra tni-54 views

Belawan – Koranprogresif.co.id, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I melaksanakan upacara peringatan Hari Dharma Samudera sebagai momentum untuk mengenang dengan mendoakan para pejuang pahlawan pertempuran laut yang telah mendharma-baktikan, nahkan merelakan hidupnya demi kejayaan bangsa dan negara. Upacara diselenggarakan di dua tempat yaitu di Perairan Belawan dengan menggunakan KRI Torani-860 yang dipimpin langsung oleh Danlantamal I Laksamana Pertama (Laksma) TNI Johanes Djanarko Wibowo sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan Upacara di Dermaga Mako Lantamal I Belawan bertindak sebagai Irup Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos., Jalan Serma Hanafiah No. 01, Belawan, Medan, Sumatera Utara, Senin (16/01/2023).

Hari ini mengenang enam puluh tahun yang lalu, satu peristiwa di Laut Arafuru menjadi lukisan tinta emas dalam lembar sejarah perjalanan bangsa Indonesia, putra putri bumi pertiwi gugur dalam keberanian yang tak terbayangkan dengan kapal yang jauh lebih kecil, sama sekali tidak mengecilkan semangat patriotisme mereka untuk melawan armada Belanda. Dengan lantang, Komodor Yos Sudarso berseru “Kobarkan Semangat Pertempuran”.
Peristiwa itu adalah teladan sempurna dari sikap satria, semangat patriotisme, jiwa korsa, kerelaan berkorban dan perjuangan tanpa pamrih para pahlawan-pahlawan samudera nilai-nilai kepahlawanan dan perjuangan itu harus terus diabadikan dalam setiap hati sanubari prajurit Jalasena dan diwariskan kepada penerus bangsa.

Situasi dan tantangan yang dihadapi akan berbeda dari generasi ke generasi, tetapi nilai-nilai Kepahlawanan dan prinsip-prinsip perjuangan tidak akan pernah berubah dan berganti-ganti.

Hadir dalam upacara tersebut yakni Komandan Lantamal I, Wadan Lantamal I, Pejabat Utama Lantamal I, Kadis/Kasatker, Perwira, Bintara, Tamtama, PNS Lantamal I dan Yonmarhanlan.

(Red)

Berita Lainnya