oleh

Lanal Tarempa Laksanakan SAR Terhadap ABK MV. Aristodimos Yang Jatuh Ke Laut

-Mitra tni-122 views

 

Kepulauan Anambas – Koranprogresif.co.id, Pangkalan TNI Angkatan Laut Tarempa di Kepulauan Anambas bersama Tim Gabungan dari Basarnas, Polairud dan BPBD laksanakan pencarian terhadap salah satu ABK Kapal Tanker MV. Aristodimos yang jatuh di laut wilayah Perairan Kepulauan Anambas, Minggu (15/5/2022).

Kapal Tanker MV. Aristodimos Call Sign V7A2113 merupakan kapal Tanker berbendera Kepulauan Marshal yang melakukan pelayaran dari Onsan (Korea Selatan) menuju Singapura mengalami insiden salah satu ABK jatuh di laut pada posisi 02 43 88 N – 105 02 92 E yang merupakan wilayah Perairan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf mengatakan “melalui koordinasi dengan Basarnas Natuna kami memperoleh informasi terkait adanya ABK salah satu Kapal Tanker berbendera Kepulauan Marshall jatuh ke laut di koordinat 02 43 88 N – 105 02 92 E yang merupakan wilayah Perairan Kabupaten Kepulauan Anambas”.

“Adapun data kapal adalah MV. Aristodimos, Call Sign V7A2113, Bendera Kepulauan Marshal, IMO 9297369, Jenis Tanker, Rute Onsan (Korsel) – Singapore. Sedangkan data korban ABK yang jatuh ke laut adalah Anil Sharma, Umur 39 tahun, Warga Negara India, Passport L9502160.
Saat ini kami bersama Tim Gabungan Basarnas, Polairud dan BPBD di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas bergerak melakukan pencarian disekitar titik koordinat kejadian laka laut tersebut”, tambah Danlanal Tarempa.

Danlanal Tarempa juga menegaskan bahwa kecelakaan kapal jatuh ke laut 1 (satu) ABK kapal tanker ini diterima informasi oleh Kansar Natuna lebih dari 1×24 jam setelah kejadian, sehingga kemungkinan korban sudah menjauh dari posisi jatuh dikarenakan terbawa arus dan gelombang dan penyebab kecelakaan masih belum dapat dipastikan dikarenakan belum terhubung dengan pihak kapal maupun agen.

“Saat ini dengan memperhitungkan faktor cuaca dan keselamatan personel dan materiil, kami akan coba melakukan pencarian secara maksimal bersama Tim SAR Gabungan Lanal Tarempa bersama Basarnas Anambas, Polairud Polres Kepulauan Anambas, dan BPBD Kepulauan Anambas dengan menggunakan Speedboat Basarnas. Semoga niat baik ini mendapatkan kemudahanan dan perlindungan Allah SWT, Aamiin”, tutup Danlanal Tarempa.

(Red)

Berita Lainnya