oleh

Lampung Selatan, Jadi Salah Satu Wilayah Yang Diawasi KPK Terkait Penyaluran Bansos

-Hukrim, Nusantara-18.651 views

Lampung Selatan – koranprogresif.co.id – Berdasarkan laporan masyarakat melalui aplikasi “Jaga Bansos Covid – 19” yang mulai diluncurkan sejak seminggu lalu, per 5 Juni 2020 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima keluhan sebanyak 118 terkait penyaluran Bantuan Sosial (Bansos).

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK bidang pencegahan, Maryati Kuding pada Sabtu (06/06/2020), disampaikan melalui keterangan tertulis.

Laporan yang paling banyak diterima adalah pelapor tidak penerima bantuan meski sudah mendaftar sebanyak 54 laporan, Kemudian ada 13 keluhan yang disampaikan pelapor, diantaranya dana bantuan yang diterima jumlahnya tidak sesuai dari yang seharusnya.

Ada juga laporan Aparat tidak membagikan bantuan kepada penerima sebanyak 10 laporan.

Ada laporan penerima bantuan lebih dari 1 sebanyak 3 laporan , Nama penerima bantuan tidak ada didaftar penerima (fiktif) sebanyak 8 laporan, menerima bantuan yang mutu barangnya buruk 1 laporan, ada 1 laporan yang seharusnya tidak menerima bantuan tapi menerima.

Berdasarkan laporan masyarakat melalui Aplikasi “Jaga Bansos Covid -19” ada empat wilayah di Provinsi Lampung yang akan diawasi KPK yaitu, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Pesawaran, Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Tengah.

Maryati Kuding menjelaskan, KPK melalui Unit Kordinasi Wilayah (Korwil) akan menyampaikan laporan ke Pemerintah Daerah (Pemda) masing – masing, guna mengawal dan menindak lanjuti keluhan masyarakat tersebut.

Ditambahkan Maryati Kuding, masyarakat dapat mencari informasi terkait Bansos dan bila akan melaporkan secara langsung bisa mengunduh aplikasi “Jaga” (JAGA Apps) di Playstore dan Appstore dan bisa juga melalui gawai, atau bisa juga masyarakat mengakses “JAGA” melalui situs http://jaga.id. (Widodo).

News Feed