oleh

Lakukan Penelitian dan Supervisi, Tim Puslitbang Polri Temui Kapolda Kalsel

Banjarmasin – koranprogresif.co.id – Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) kedatangan tamu dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri dalam rangka penelitian “Optimalisasi Tingkat Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu lintas (Kamseltibcarlantas) TA.2021 dan Survei Indeks Kamtibmas Triwulan III TA.2021.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari dimulai sejak 27 s/d 30 September 2021 dengan diawasi langsung oleh Tim Supervisi yang dipimpin Kapuslitbang Polri, Brigjen Pol Drs. Iswiyoto Agoeng Lesmana Doeta, M.Si dan Bripda Rico Yaldi guna mengetahui hambatan dan kendala dalam pelaksanaan kegiatan penelitian.

Sebelum melaksanakan penelitian Tim Puslitbang Polri yang dipimpin Kombes Pol Saefuddin Mohamad, S.I.K. (Ketua Tim), AKBP I Nengah Sukiarta, S.S., Penata TK I, Usman, M.A., Pembina, Dwi Irawati, S.S., Penata Budi Prayitno, A.Md., dan Penata Tegawati, A.Md. ini pun oleh lebih dahulu menemui Kapolda, Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum diruang kerjanya., Senin (27/9/2021) pagi.

Turut hadir mendampingi Kapolda Kalsel dalam kesempatan tersebut, Wakapolda Kalsel, Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si., Karo SDM Polda Kalsel, Kombes Pol Nanang Masbudi, S.I.K., M.Si dan Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, Kombes Pol Maesa Soegriwo, S.I.K.

Kapolda Kalsel, Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada rombongan Tim Puslitbang Polri.

Dengan adanya kegiatan Penelitian dan Supervisi dari Tim Puslitbang Polri terhadap Jajaran Polda Kalsel, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat merasa puas atas pelayanan dan kinerja dari Polri khususnya Polda Kalsel.

Sementara itu diterangkan oleh Brigjen Pol Drs. Iswiyoto Agoeg Lesmana Doeta, M.Si, tujuan dari penelitian ini yakni meminimalisir fatalitas kecelakaan di jalan raya dengan Mengetahui pengaruh pengetahuan, sikap (keterampilan) dan persepsi penguna jalan dalam mewujudkan Kamseltibcarlantas, Menjelaskan faktor-faktor yang dominan yang mempengaruhi kecelakaan lalu lintas, Menganalisis tingkat pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang dilakukan pengguna jalan, serta Mengetahui upaya Polri dalam mewujudkan Kamseltibcarlantas bagi pengguna jalan.

Adapun Penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan Metode penyebaran kuesioner ke masyarakat secara online, diskusi kelompok terpusat (FocusGroup Discussion / FGD), wawancara mendalam (Indepth interview) dan dokumentasi.

Selain Polda Kalsel, Tim Puslitbang Polri juga melakukan penelitian ke Polres jajaran diantaranya Polresta Banjarmasin, Polres Banjarbaru, Polrea Banjar, Polres Tapin, Polrea Hulu sungai Selatan (HSS), dan Polrea Barito Kuala (Batola). (Red).

News Feed