oleh

LAKSANAKAN BINPERS FUNGSI KOMANDO, KOMANDAN KRI LAKSANAKAN JAM KOMANDAN

-Mitra tni-231 views

 

Jakarta – Koranprogresif.co.id,  3 Februari 2022 – Jam Komandan sebagai implementasi dari pembinaan personel (binpers) fungsi Komando merupakan wadah bagi seorang Komandan untuk berinteraksi secara langsung dengan anak buahnya. Tak hanya menyampaikan segala informasi terkait kedinasan, kebijakan Pemimpin TNI AL, maupun tugas yang akan diemban oleh prajurit. Jam Komandan juga efektif untuk memperkuat silaturahmi dan menjaga kekompakan, hingga membangun kepedulian seorang Komandan kepada prajuritnya.

Seperti yang dilakukan Komandan KRI Teluk Parigi-539, Mayor Laut (P) Arys Susanto mengadakan jam komandan kepada jajarannya di geladak KRI Teluk Parigi-539 yang saat ini sandar di Dermaga Demak Utara, Ujung, Surabaya, Kamis (3/2).

“Jam Komandan yang dilaksanakan ini adalah untuk memberikan informasi tentang hal-hal yang terkait dengan arahan dan kebijakan Pemimpin dalam mensikapi kondisi terkini, pengarahan, maupun evaluasi kepada prajurit tentang kegiatan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan.” ujar Mayor Laut (P) Arys Susanto.

Berbagai informasi terkini yang menjadi materi Jam Komandan diantaranya perkembangan penyebaran varian baru Covid-19, Omicron yang semakin meningkat dan kebijakan Pemimpin TNI/TNI AL terkait kehidupan tentara dan dalam bermasyarakat khususnya dalam penggunaan media sosial.

“Waspada Covid-19 yang varian barunya Omicron meningkat penularannya. Jaga diri dan keluarga dengan tetap menjaga protokol kesehatan.” tandas alumni AAL tahun 2009 ini.

Dalam kesempatan tersebut, Mayor Laut (P) Arys Susanto juga menginstruksikan seluruh prajurit KRI TGI-539 untuk mempersiapkan diri dan departemennya untuk melaksanakan penugasan dan operasi berikutnya.

“Meskipun perintah berlayar belum turun, namun sebagai prajurit kita harus mempersiapkan diri sesuai tanggung jawabnya masing-masing. Apabila perintah berlayar turun, kapal sudah siap operasi, baik personel maupun materiilnya.” jelasnya.

Tak lupa, Komandan KRI TGI-539 memacu anak buahnya untuk terus mengasah kemampuannya sesuai kompetensi masing-masing sehingga dapat terwujud prajurit KRI yang militan, profesional dan pantang menyerah.

Sementara itu Komandan Satlinlamil 2, Kolonel Laut (P) Muhammad Nizarudin menerangkan Jam Komandan merupakan sarana dalam menyampaikan setiap kebijakan/perintah dari Komando atas, sekaligus hal-hal menonjol yang berkaitan langsung dengan perkembangan situasi dan dinamika penugasan.

“Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, Jam Komandan menjadi sarana yang tepat dalam menyampaikan setiap upaya-upaya Pemerintah guna meminimalir dampak negatif dari pandemi serta perkembangan situasi internal maupun eksternal yang harus diketahui para prajurit.” ungkapnya.

“Jadi, Jam Komandan itu wajib dilaksanakan sebagai sarana komunikasi antara Komandan dan prajurit terkait kedinasan dan hal-hal lainnya.” pungkasnya.

(Red)

Berita Lainnya