oleh

KPN Jaktim: Tahun 2023 Harus Bersih, Menjaga Integritas dan Profesional Melaksanakan Tugas

-Hukrim, Nusantara-455 views

Jakarta – koranprogresif.co.id – Keluarga Besar Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) kota Jakarta Timur melakukan tes anti Narkoba bagi segenap seluruh jajaran Pengadilan Negeri Jakarta Timur Kelas 1A Khusus sebanyak 164 orang, bertempat diruang sidang utama PN Jaktim, pada Kamis (19/01).

Acara dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Hongkun Otoh, S.H, M.H

Dalam pembukaannya, KPN Jaktim menyatakan bahwa sesuai himbauan dari Mahkamah Agung Republik Indonesia, setiap pengadilan diharuskan melakukan tes anti narkoba.

Dilanjutkan oleh Perwakilan dari BNN Kota Jakarta Timur yang juga menyatakan dalam sambutannya bahwa, ini moment sejarah baru, dimana Pengadilan Negeri Jakarta Timur mengundang BNN untuk melakukan tes anti narkoba, sekaligus ini adalah bentuk kerjasama, kata Anton S. Siagian, selaku Ketua Tim Pencegahan & Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Jakarta Timur.

Acara ditutup dengan pengambilan sample tes urin segenap seluruh jajaran Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Disela sela pelaksanaan pengambilan sample tes urin berlangsung, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Hongkun Otoh menyatakan kepada media, tahun 2017 atau 2018 itu ada perintah dari Dirjen Badilum untuk setiap Pengadilan itu melakukan tes anti narkoba. “Terakhir ada perintah dari Ketua Pengadilan Tinggi juga didalam memasuki tahun 2023 ini agar diperiksa urin semua agar semuanya bersih,” ucapnya.

Pemeriksaan urin itu sendiri dilakukan dari mulai Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur sampai ke honor dengan alat itu sendiri dari pihak PN Jaktim yang menyiapkan.

Terpahitnya, kata KPN Jaktim, apabila ada salah satu yang terbukti dinyatakan positif, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta timur menyatakan ada tahapannya perihal positif atau negatif, karena PN Jaktim tidak dalam kapasitas menjatuhkan hukuman itu sendiri, mungkin dari badan pengawasan atau dari badan Peradilan umum, tegasnya.

Terakhir KPN Jaktim berharap, memasuki awal tahun 2023 ini Pengadilan Negeri Jakarta Timur harus:
1. Bersih
2. Menjaga Intergritas
3. Profesional Melaksanakan Tugas.

Sampai berita ini diturunkan, pemeriksaan tes urin di Pengadilan Negeri Jakarta Timur masih berjalan. (Rd).

Berita Lainnya