oleh

Korem 044/Gapo Terima Kunjungan Tim Review RKA Dan LK Dari Itdam II/Sriwijaya

Palembang – koranprogresif.co.id – Bertempat di Markas Korem 044/Garuda Dempo Jln. Jenderal Sudirman KM. 4,5 Palembang, Tim Review Itdam II/Sriwijaya yang dipimpin oleh Kolonel Arh Tri Tjahya Widodo, S.Sos, beserta tiga orang anggotanya melaksanakan Review Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Laporan Keuangan (LK) Semester I TA 2019 di lingkungan Korem 044/Gapo dan jajaran, Selasa (13/8/2019).

Kedatangan rombongan Tim Review Itdam II/Sriwijaya disambut langsung oleh Komandan Korem 044/Gapo, Kolonel Arh Sonny Septiono didampingi Plh. Kasrem, Letkol Inf Imam Priharso, SH., MH. dan para Kasi beserta para Dan/Kabalak Korem 044/Gapo.

Dalam sambutannya Danrem 044/Gapo, Kolonel Arh Sonny Septiono menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Review Itdam II/Swj atas kunjungannya ke Markas Korem 044/Gapo, dimana Korem 044/Gapo mendapat kesempatan dan kehormatan untuk dilakukan Review terhadap pelaksanaan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Laporan Keuangan (LK) Semester I TA 2019, yang mana kegiatan ini sangat penting dilaksanakan dalam suatu organisasi sebagai upaya pembinaan dan peningkatan kinerja satuan.

Berkaitan dengan kedatangan Tim Review Itdam II/Swj ini, kepada staf terkait berikan data-data yang lengkap guna review ini, adanya perbedaan perspektif dalam penyelenggaraan program anggaran akan diluruskan sebagaimana seharusnya. “Manfaatkan waktu ini dengan sebaik-baiknya untuk menunjukkan data tentang perilaku yang kita kerjakan dengan perspektif yang berlaku di lingkungan Kodam II/Sriwijaya,” terang Danrem 044/Gapo.

Sementara itu, Inspektur Kodam (Irdam) II/Sriwijaya, Kolonel Inf Yusman Madayun yang dalam sambutannya yang disampaikan oleh Irutum Itdam II/Swj, Kolonel Arh Tri Tjahya Widodo, S.Sos, selaku Ketua Tim Review menyampaikan bahwa, kegiatan Review RKA dan LK Satuan Kerja (Satker) dilaksanakan satu kali dalam satu tahun anggaran.

“Tujuan pelaksanaan Review adalah untuk memberikan keyakinan terbatas bahwa RKA dan LK yang dibuat oleh Satker dan Sub-Satker Korem 044/Gapo dan jajarannya disusun berdasarkan sistem pengendalian intern yang memadai dan disajikan sesuai dengan standar akuntansi sehingga penggunaan anggaran dilingkungan Korem 044/Gapo beserta jajarannya transparan dan accountable,” terang Kolonel Tri Tjahya.

Selain itu, Kolonel Arh Tri Tjahya Widodo, S.Sos menegaskan bahwa, dalam penyusunan RKA yang dibuat staf perencanaan dan LK yang dibuat oleh pejabat keuangan dan operator simak BMN Satuan harus transparan dan accountable sehingga laporan yang dibuat oleh masing-masing satuan dapat dipertanggungjawabkan.

“Tujuannya untuk mendapatkan penilaian memenuhi kewajaran ketaatan, ketertiban, ekonomis, efektif dan efisien supaya memaksimalkan pencapaian sasaran kinerja satuan,” ucapnya.

Setelah kegiatan taklimat awal, Tim Review Itdam II/Swj melaksanakan review atau pemeriksaan tentang pelaksanaan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Laporan Keuangan (LK) Semester I TA 2019 ke masing-masing staf sesuai dengan bidangnya masing-masing. (Red).

News Feed