oleh

Koptu Sujarwo Dampingi Kelompok Tani Sumber Rejeki Memanen Padi

Tulungagung – koranprogresif.co.id – Babinsa Desa Tanggul Welahan, Koptu Sujarwo, anggota Koramil 0807/12 Besuki Kodim Tulungagung melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian dengan anggota kelompok tani Sumber Rejeki memanen tanaman padi di lahan Bapak Budiono Dusun Welahan Desa Tanggul Welahan Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Senin (26/08/2019).

Bersama petani, Koptu Sujarwo memanen tanaman padi yang telah menguning secara bersama-sama.

Meskipun masih berseragam dinas, Koptu Sujarwo terlihat santai memotong tanaman padi disamping mesin harvester padi dalam kegiatan pendampingan tersebut.

Kegiatan panen bersama petani, merupakan salah satu dari berbagai upaya khusus dilakukan oleh Babinsa melalui kegiatan pendampingan secara intensif dan berkesinambungan.

Mulai dari penanaman, perawatan seperti menyiangi rumput pengganggu tanaman padi merupakan salah satu bentuk pendampingan kepada para petani merupakan sebagai salah satu wujud nyata kepedulian Babinsa di sektor pertanian dalam rangka mensejahterakan petani. Kunci sukses para petani memperoleh hasil panen yang bagus dalam membudidayakan tanaman padi adalah adanya perawatan secara intensif.

Menurut Koptu Sujarwo, kegiatan panen padi ini merupakan salah satu wujud upaya khusus Babinsa dalam membantu petani. Babinsa sebagai ujung tombak terdepan di wilayah selalu bekerjasama dan bersinergi dengan pihak PPL untuk memaksimalkan hasil produksi pertanian. Pendampingan Babinsa terhadap petani seperti ini, diharapkan mampu memotivasi para petani pasca panen.

Meski hasil panen kali ini kurang maksimal dikarenakan musim kemarau yang panjang dan debit air dari sungai Welahan berkurang.

“Meski hasil panen kali ini kurang maksimal, para petani tetap bersyukur dan tetap semangat dalam bertani,” tutup Koptu Sujarwo. (Red).

News Feed