oleh

KOLINLAMIL SANDARKAN KRI TELUK BINTUNI 520, FASILITASI SERBUAN VAKSIN MARITIM TNI AL UNTUK PELAJAR SUBANG

-Mitra tni-137 views

 

Jakarta – Koranprogresif.co.id, 7 Oktober 2021 – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Bintuni 520 diserbu pelajar Patimban, Kabupaten Subang ketika saat sandar di Dermaga Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis (7/10).

Serbuan pelajar Patimban terjadi pada kegiatan serbuan vaksinasi maritim TNI AL yang digelar Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dengan mengerahkan KRI Teluk Bintuni 520. 1200 pelajar dan masyarakat menjadi target sasaran serbuan vaksin maritim di Kawasan pelabuhan Patimban ini.

Berbondong-bondong nampak warga masyarakat dari berbagai usia datang dari berbagai arah Kabupaten Subang untuk mendapatkan vaksin.

Mereka rata-rata antusias dengan magnet kapal perang Kolinlamil TNI AL yang merupakan pertama kalinya sandar di Dermaga Patimban.

Pada kegiatan serbuan vaksinasi maritim ini Kolinlamil bersama dengan Pemda Kabupaten Subang dan didukung stakeholder kemaritiman. Selain itu Kolinlamil juga bekerjasama dengan mitra Indonesia Hebat dan Salim grup.

Dalam kegiatan ini juga, masyarakat Patimban khususnya para pelajar berkesempatan untuk naik kapal perang, kapal KPLP dan Kapal Bea cukai. Mereka memanfaatkan momentum serbuan vaksinasi maritim untuk dapat berwisata edukasi kapal perang.

Pada kegiatan vaksinasi ini, Kolinlamil mengerahkan 30 tenaga kesehatan untuk melayani vaksinasi sesuai target 1200 orang, baik dosis pertama maupun dosis kedua. Vaksin yang digunakan adalah Sinovac.

Panglima Kolinlamil yang diwakili Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Retiono Kunto H mengatakan bahwa serbuan vaksinasi masyarakat ini merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam rangka mendukung program nasional dua juta orang tervaksin dalam sehari.
Wilayah kerja Kolinlamil meliputi seluruh wilayah NKRI dengan tugas pokok melaksanakan pergeseran kekuatan militer baik pasukan maupun logistik melalui laut di seluruh perairan Indonesia dalam rangka Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Dan kini Kolinlamil melaksanakan operasi militer selain perang mendukung pemerintah dalam membantu percepatan penanganan covid 19.

“Kolinlamil akan terus mendukung pemerintah dalam percepatan penanganan covid 19 dengan melanjutkan melaksanakan serbuan vaksin ke daerah yang belum terjangkau dan masih rendah. Di Subang ini Kolinlamil memenuhi target dan permintaan masyarakat maupun pemerintah daerah Subang untuk memberikan vaksin dengan menggunakan lokasi di KRI Teluk Bintuni 520” jelas Kepala Staf Kolinlamil.

Dan ini sesuai instruksi Kasal, seluruh jajaran TNI AL terus mendukung percepatan penanganan covid 19.

Kolinlamil terus melancarkan serbuan vaksinasi untuk mempercepat pembentukan herd immunity, (kekebalan kelompok) dalam skala besar yang sangat diperlukan untuk mengatasi pandemi covid–19. Vaksinasi di perkotaan, perkampungan dan pesisir dengan sasaran masyarakat umum juga pelajar.

Ramdan salah satu pelajar yang ikut vaksinasi dari Desa Pusakaratu mengungkapkan bahwa ia bersama keluarga baru mau divaksin setelah diberi pemahaman oleh pihak TNI AL akan manfaat vaksin.

“Ini saya baru ikut vaksin pertama bersama teman-teman pelajar lainnya. Terus terang, kami baru mau ikut divaksin setelah dikasih info sama Bapak-bapak dari AL, dan banyak juga tetangga yang ikut. Ya udah akhirnya saya ajak semua keluarga untuk ikutan vaksin. Sudahannya gak ada apa-apa. Biasa wae rasana“ ujar Ramdan.

(Red)

Berita Lainnya