oleh

Kodim Sleman Kibarkan 9 Merah Putih di Bukit Turgo

Sleman – koranprogresif.co.id – Memperingati 74 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Komando Distrik Militer (Kodim) 0732 Sleman mengibarkan sembilan bendera merah putih di puncak bukit Turgo, Kecamatan Pakem, Sleman.

Kesembilan bendera merah putih berukuran 180x120cm ini dibawa oleh sembilan prajurit dari rumah juru kunci makam Syekh Jumadil Qubro menuju puncak bukit Turgo di ketinggian 1000 mdpl pada Selasa (20/8) pagi.

Berada di barat daya gunung Merapi, bukit Turgo selama ini hanya dikenal masyarakat menjadi salah satu tempat wisata religi dengan makam Syekh Jumadil Qubro sebagai tujuan ziarah.

Padahal, bukit Turgo merupakan salah satu benteng geologis bagi masyarakat yang tinggal di kaki gunung Merapi.

Letkol Inf Diantoro, Dandim 0732/Sleman mengatakan, Sejarah panjang para pejuang kemerdekaan yang membebaskan Indonesia dari cengkraman penjajah tentu bukanlah sebuah hal yang dianggap remeh. Keringat, tenaga hingga nyawa dipertaruhkan demi yang namanya sebuah kemerdekaan.

Namun, perlu di ketahui kita sebagai generasi saat ini tentu tidak bisa duduk santai menikmati hasil dari para pejuang.

“Justru kita mengemban tugas yang lebih berat yaitu mempertahankan dan mengembangkan hasil yang diperoleh oleh para pejuang. Tentu perlu kita renungi hal apa saja yang telah kita berikan bagi negara Indonesia tercinta ini,” imbuhnya. (Red).

News Feed