oleh

Kodim Sintang Laksanakan Patroli Terpadu Cegah Karhutla

 

Sintang – koranprogresif.co.id – Anggota Kodim 1205/Sintang, Kopral Dua Yohanes, bersama-sama dengan Polsek, Manggala Agni (MA) dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Sintang, melaksanakan patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan, di Dusun Tuja Intan, Desa Pulau Jaya, Kec. Tempunak, Sintang, Selasa (14/5).

Selain melaksanakan patroli, Tim juga melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada warga masyarakat dan melakukan pendataan terhadap lokasi-lokasi yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Komandan Kodim 1205/Sintang, Letkol Inf Rachmat Basuki menuturkan, tujuan dari pelaksanaan patroli terpadu ini untuk menjangkau dan mengamankan daerah rawan yang menjadi fokus kerja pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Juga melakukan pemetaan wilayah rawan dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Selain itu anggota tim patroli juga menyambangi rumah Kepala Dusun Tuja Intan Desa Pulau Jaya, Akino (50 thn) dan mensosialisakan tentang pentingnya pengendalian kebakaran hutan secara dini, dan menyampaikan beberapa peraturan pemerintah serta larangan dan sanksi bagi pelaku pembakaran hutan.

“Semoga apa-apa yang disampaikan oleh Tim kepada bapak Kepala Dusun, dapat meneruskan informasi tersebut
kepada warganya,” ungkap Dandim.

Tim patroli juga melakukan sosialisasi dari rumah kerumah warga, Dusun Tuja Intan, Desa Pulau Jaya. Menghimbau kepada warga agar dalam membuka lahan tidak menggunakan cara bakar ketika memasuki musim kemarau, tutur Dandim.

“Sampai saat ini kondisi umum Desa Pulau Jaya masih aman dari potensi bahaya kebakaran hutan dan lahan,” pungkas Dandim. (Red/Pendam XII/Tpr).

News Feed