oleh

Kodim 0105/Aceh Barat Selenggarakan Sosialisasi Pembinaan RTRW Pertahanan Darat TA. 2021

-Mitra tni-63 views

 

Aceh Barat – Koranprogresif.co.id, Komando Distrik Militer (Kodim) 0105/Abar melaksanakan kegiatan Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pertahanan Darat Triwulan lll Tahun 2021 di Aula Makodim Jalan lmam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan dengan mengusung tema “Kita Tingkatkan Keterpaduan Dan Keserasian Pembangunan Wilayah Pertahanan Dengan RTRW Pemda Dapat Menjamin Terwujudnya Wilayah Pertahanan Yang Berkualitas Dalam Rangka Kepentingan Pertahanan Negara Yang Tangguh, Rabu (29/9/2021)

Kegiatan RTRW ini dihadiri lebih kurang 50 peserta dengan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat.

Tampak hadir diantaranya Kasiter Korem 012/TU Mayor Arh Boy lswarmen, Pasilog Kodim 0105/Abar Kapten lnf Dedi Wahyudi, Pasiter Lettu lnf Khairul Zen, S.H., Pasi lntel Kapten lnf Rahmad Edi, Para Danramil/Danposrami beserta Babinsa Perwakilan.

Usai menerima laporan dari Pasiter, Kasiter Korem 012/TU berkesempatan memberikan bimbingan teknis dan sosialisasi tentang Pembinaan RTRW Pertahanan Darat.

Satkowil dibentuk guna kepentingan Pertahanan Negara, sesuai yang tercantum dalam doktrin induk teritorial yang bertugas menyiapkan wilayahnya untuk menghadapi OMP (Operasi Militer Perang) ataupun OMSP (Operasi Militer Selain Perang). Ulas Kasiter mengawali arahannya.

“TNI AD merupakan komponen utama kekuatan pertahanan negara di darat yang berkolaborasi dengan komponen lainnya. Sehingga siap di mobilisasi dan digunakan untuk mewujudkan kesemestaan dalam menghadapi berbagai ancaman dan gangguan terhadap keutuhan NKRI. Pertahanan yang mantap akan menciptakan stabilitas nasional yang dinamis sehingga pembangunan di daerah bisa terwujud. Semuanya itu dirangkum dalam Pembinaan RTRW”, terang Kasiter

Disamping itu, Satkowil sangat berperan aktif dalam menyiapkan banyak hal, baik tempat dan sasaran yang akan dilaksanakan. Sebab, Satkowil diyakini lebih menguasai wilayah maupun Medan di lapangan.

“Untuk itu, gunakanlah potensi sumber daya wailayah yang sudah dimiliki ataupun dikuasai baik dari segi Geografi, Demografi dan Konfisi Sosial. Harapannya melalui Pembinaan RTRW ini, Satuan Kodim 0105/Abar bisa mencapai sasaran data wilayah yang statis dan dinamis berdasarkan klasifikasinya”, pungkas Kasiter diakhir arahannya

(Red//)

News Feed