oleh

Ketum RBTI.MAJU Ziarah Ke Makam Sang Proklamator Bentuk Penghormatan Kepada Tokoh Pejuang Bangsa Indonesia

-Nasional-247 views

 

Jakarta – Koranprogresif.co.id, Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Indonesia, RBTI.MAJU ( Rumah Bhinneka Tanah Air Indonesia Maju) melaksanakan ziarah kubur atau lebih populer dengan Nyekar ke Makam Sang Proklamator yaitu Makam Bung Hatta yang berada di tanah kusir Jakarta selatan (Rabu 24/8/2022).

Sebagai Ketua umum RBTI.MAJU Greta katoppo memberi contoh nyata kepada kawula muda untuk mencintai para tokoh – tokoh pejuang Kemerdekaan Indonesia.

Dalam keterangannya Greta mengatakan ” Memang hari ini kami agak terlambat untuk hadir nyekar, karena kami ada event pada tanggal 9-10 Agustus di walikota Jakarta Selatan. Sehingga baru sekarang kami bisa menyempatkan untuk nyekar ke makam bung Hatta sebagai tokoh Proklamator, ujar Greta.

” Saya menginginkan untuk para generasi muda, khususnya pada generasi penerus bangsa kedepannya untuk selalu mengenang para tokoh-tokoh pahlawan. Karena bagaimanapun beliau- beliau inilah yang memperjuangkan bangsa Indonesia. Kita tahu bahwa sang proklamator itu adalah 2 tokoh yang memerdekakan bangsa indonesia.dari kedua tokoh ini tak pernah terpisahkan, dimana ada nama Soekarno di situ juga ada nama Hatta, jelas Greta.

” Setiap hari bersejarah selalu mengenang karya- karya beliau dan melihat lagi ke belakang tanpa beliau Indonesia tidak akan merdeka.itulah yang harus kita junjung bahwa kita selalu mengingat sejarah supaya Pancasila benar-benar melekat pada diri bangsa Indonesia yang bersatu, tambah Greta.

” Itulah yang saya perjuangankan sekarang salah satunya karena bung Hatta menginginkan bangsa Indonesia terus maju dan menjaga bangsanya sebagai kebhinnekaan, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. dan khususnya Pancasila serta UUD 45 itu jangan sampai dilupakan, pesan Greta.

” Acara nyekar ini kami lakukan bentuk penghormatan dan cinta kami kepada sang proklamator, itu kami adakan pada event- event tertentu. Contohnya nanti tanggal 10 Nop, RBTI.MAJU bekerjasama dengan TNI AL yaitu Seskoal untuk mengadakan upacara militer. Karena kita sudah berkerjasama selama 5 tahun, papar Greta lagi.

” Kerinduan saya sebagai ketua umum RBTI.MAJU, saya sangat merindukan bahwa tokoh sang proklamator yang ada ditengah- tengah masyarakat yaitu makam yang ada di TPU umum, untuk bisa mengadakan upacara militer dihari bersejarah pada tanggal 10 Nopember yang dikenal sebagai hari pahlawan, tegasnya.

” Pesan saya kepada generasi penerus bangsa teruslah berkarya dan teruslah memperjuangkan bangsamu kepada negara lain. Dan jangan mau dipecah belah oleh pihak lain. Karena bangsa Indonesia memiliki kekayaan dari alamnya, kekayaan budayanya dan toleransi antar pemeluk agama lain yang mana tidak dimiliki oleh bangsa lain, tutup Greta.

(Angel)

Berita Lainnya