oleh

Kepolisian Resor Flores Timur – NTT, Memeriksa Saksi Penyebaran Foto Bugil Di Media Sosial

Surabaya – koranprogresif.co.id – Kasat Reskrim Polres Flores mengatakan proses penyelidikan kasus penyebaran foto bugil di media sosial hari ini masih diperiksa sebagai saksi.

“Kami sudah melakukan pemeriksaan kepada salah satu warga desa Puhu (BS) dan statusnya kini masih sebagai saksi karena masih dalam proses penyelidikan,” ujar Iptu Wayan Pasek Sujana, selaku Kasat Reskrim Flores Timur NTT saat dihubungi, wartawan koranprogresif co.id melalui pesan singkat whatsaap, Senin (15/02/2021).

Kasus penyebaran foto bugil di media sosial yang mengemparkan warga desa Puhu kecamatan Adonara Timur kabupaten Flores Timur NTT mendadak viral di facebook.

Dilansir dari media NTT, diduga oknum yang tidak bertanggung jawab sengaja menyebarkan foto bugil ke facebook dengan cara sengaja menggunakan akun palsu, dan memperdayai korban dengan cara mengancam untuk dikirimi video bugil milik korban, yang sebelumnya oknum tersebut sudah mengantongi foto bugilnya sikorban.

Menurut ketentuan UU ITE penyebaran konten bermuatan asusila yang di atur dalam pasal 27 ayat (1) No 19 tahun 2016 berbunyi.

“Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan diancam pidananya paling lama 6 tahun atau denda paling banyak Rp 1 miliar”.

Menurut perwakilan perlindungan anak Yayasan Permata Bunda, Ibu Benedicta B.C Dasilva saat dikonfirmasi wartawan koranprogresif.co.id pada hari yang sama melalui whatsaap, mengatakan, pihaknya akan mengkawal kasus ini sampai tuntas.

“Kami akan terus mengkawal kasus ini sampai tuntas dan pelakunya segera terungkap dan diproses sesuai undang-undang dan hukum yang berlaku.
Lanjutnya terlepas dari proses penyelidikan saat ini korban masih trauma dan dalam proses pemulihan psikolog oleh Yayasan Permata Bunda Flores Timur,” ungkap Ibu Benedickta. (Red/Maksimus Lewogete).

News Feed